Sepemahaman saya Zionis itu "garis keras"-nya Yahudi.
Jadi mereka inilah yang berupaya menciptakan negara Israel, kemudian
menggiring orang2 Yahudi buat datang ke Yerusalem dan mengisi negara
Israel yang dibangun.
orang2 Yahudi di Israel sendiri, mau tidak mau pemikirannya
terkooptasi pula oleh pikiran Zionis, meskipun ada juga yang waras dan
menentang zionis.

Kalau komunitas Yahudi bisa kita lihat di http://en.wikipedia.org/wiki/Jew
jumlah Yahudi sekarang 12-14 juta orang
nomor satu di Amerika, 5,3 - 6 juta orang 40.5%( tahun 2002)
nomor dua di Israel,  5,64 juta orang (34.4% tahun 2002)

kalau yang terbesar di wilayah Timur Tengah
Iran : 11 - 35 ribu
Turki :18 - 30 ribu
jumlah yang sangat kecil, Mas kalau dibandingkan dengan Yahudi di
Amerika, Eropa, atau Israel.

Kenapa Yahudi tidak ada di negara2 lain di Timur Tengah kecuali Iran dan Turki?
Menurut saya gara2 mereka emang gak diterima oleh negara2 Timur Tengah lain.
Lha wong orang Syiah di Iran saja ada yang menganggap kafir, lha
berarti pandangan Iran yang menerima orang Yahudi di wilayah mereka
itu bukan pandangan mainstrema orang Islam yang mayoritas Sunni,
apalagi sama orang2 Arab.

Sekarang, kalau memang Zionis tidak sama dengan Yahudi, kenapa
Indonesia juga suka ribut kalau ada orang Yahudi datang, padahal
mereka belum tentu Zionis. Kalau perlu, mestinya Indonesia bikin
pengumuman, silakan kepada orang Yahudi yang tidak zionis untuk
tinggal di Indonesia, dan dijamin keamanannya oleh warga muslim
Indonesia. Kalau sudah bisa begini berarti tobh banget deh :)

Soal konflik timur tengah, menurut saya bukan cuman soal Islam vs
Yahudi, tapi juga Islam vs Islam. Bisa pemerintah Mesir vs Ikhwan,
Fatah vs Hamas, pemerintah Libanon vs Al Fatah Al Islam, dll. Yang
untung emang pedagang senjata. Yah, moga2 aja orang islam Indonesia
gak gampang dikompori buat angkat senjata melawan orang2 non-muslim di
Indonesia.

wikan
http://wikan.multiply.com

On 6/21/07, thegontors <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> --- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Wikan Danar Sunindyo"
>  <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>  >
>  > kalau di Amerika, meskipun ada CNN, orang lebih banyak yang mendengar
>  > Fox yang beritanya banyak bias ke Yahudi. Jadi misal ada konflik
>
>  Cuma mau ngingetin aja :-) Zionisme dan Yahudi itu beda loh. Banyak
>  Yahudi yang gak setuju pembentukan negara Israel. Tapi mereka gak
>  punya akses ke media, jadi pendapat mereka jarang diekspos.
>
>  Komunitas Yahudi terbesar di Timur Tengah, kedua sesudah Israel,
> [...]

Kirim email ke