Tidak ada sesuatu itu diciptakan sia-sia.

Tidaklah mungkin Allah menciptakan sesuatu, lalu sesuatu itu wajib dimusnahkan
semata-mata karena sesuatu itu.
Itu aksioma. Kalo ada, pasti thogut.

Sudah jelas dari ilmu pengetahuan bahwa setiap spesies itu punya tempat krusial
dalam ekosistem. Ketika spesies (apapun itu) punah, keseimbangan ekosistem
pasti akan terganggu, dan manusia pasti akan terkena dampak buruknya.

Spesies yang kalo nggak ada itu nggak pa-pa itu bisa jadi hanya manusia.
Kalau hanya untuk memusnahkan spesies lain, manusia itu jagonya ;-)

Rasulullah, juga secara aksioma, tidak mungkin melakukan hal-hal yang tidak
diperintahkanNya.

Sehingga ada beberapa kemungkinan:

1. Jika hadits itu betul-betul datang dari rasul dan ternyata memang
betul-betul memerintahkan pembasmian ular, kadal dll. semata-mata karena harus
spesies itu harus dimusnahkan, kita bisa menilai kualitas rasul dan ajaran yang
dibawa oleh rasul tersebut.

2. Hadits itu betul-betul datang dari rasul, tapi tidak lengkap,
karena pasti bukan karena "kadal"-nya, tapi karena ada atribut temporer dari
kadal itu.
Misalkan kadal itu berbisa dan akan menggigit makanan atau tempat air, sehingga
ada "sebab" mengapa kadal "itu" disuruh dimusnahkan. Kejadian dalam hadits itu
kasuistis dan berlaku dalam kondisi yang memenuhi "sebab" itu.

IMHO, hadits yang tidak lengkap, atau yang ditengarai tidak lengkap sebaiknya
tidak diambil sebagai sumber hukum.

3. Bisa jadi hadits itu walaupun dengan derajat shahih kuadrat dan tercantum
dalam kitab Bukhari, tidak berasal dari Rasul.