Kalau sholat dengan bahasa indonesia sudah ada, sholat imam perempuan sudah
ada. Mestinya kalau rambut wanita bukan aurat menurut ijtihad pak chodjim,
menutupinya pun bukan suatu kewajiban saat shalat. Sekarang tinggal dilihat
praktek di rumahnya bagaimana. Tutup atau tidak? Kalau tidak ditutup, berarti
pak chodjim konsekuen dengan ijtihadnya dan mampu membuat keluarganya ikut
ijtihad tersebut. Kalau tidak, ini yang jadi tanda tanya, apakah ijtihadnya tak
diterima oleh keluarganya sendiri? Kalau pinjam kata-kata pak chodjim, mesti
kaffah dong.. :)

Rasanya dunia tidak akan terlalu terkejut kalau cuma sekadar ditambah perempuan
sholat dengan tidak menutup rambutnya.

Pertanyaan saya, darimana dasar pak chodjim bilang lelaki arab (di masa
Rasulullah saw.) itu berkerudung? Bukannya yang disebut-sebut dalam Hadis,
Atsar, riwayat-riwayat yang ribuan banyaknya itu penutup kepala laki-laki
adalah serban/surban/turban? Arabnya lain kalii..? Saya juga mau tanya, pak
chodjim menulis seolah sangat tahu masyarakat arab beserta tradisi dan
budayanya. Berapa tahun lamanya pak chodjim tinggal di sana? Di mana? Di kota
atau di pedesaan dengan suku pedalaman/badwi? Apakah bahasa arab adalah bahasa
ibu pak chodjim? Atau pak chodjim menulis berdasar literatur yang dibaca saja?

-Rizal-