Ya maksud saya "negasi" itu, tidak memenuhi paling tidak satu kriteria
yang disampaikan di hadits itu. Begitu lho mas. Kan begitu teori
matematika-nya, bukan ?

Anyway, ternyata memang pemahaman kita tentang statement Ulil tentang
Tuhan itu memang beda, mas.

Statement Ulil :  "Tuhan itu bukan hanya 'Allah'-nya umat Islam"
Menurut mas Ary : statement itu tidak berarti Allah tidak absolut. Jadi
menurut mas Ary, Ulil mengakui keabsolutan Allah (tiada Tuhan selain
Allah). Ulil "sekedar" mengakui nama-nama lain selain Allah, dan
sebenarnya yang disebut dengan nama lain (selain Allah) itu sebenarnya
Allah juga. Begitukah pemahaman Ulil? Bagaimana dengan mas Ary sendiri ?

Kalau memang ya demikian, kenapa ajarannya beda ?

Saya ngajinya justru pake logika, mas. Tapi saya mengakui bahwa akal
manusia itu terbatas. Ada hal-hal yang di luar jangkauan akal, dan akal
hanya tool untuk belajar. Saya belajar pada yang ahli di bidangnya. Ya
kalau belajar Islam, ya ke orang yang ahli Islam, mas.

Wassalaam,
-Ning