Tapi padang pasirnya Israel bisa diusahakan menjadi tanah pertanian.
Yg gak bisa dijadikan tempat latihan tentara2nya.
Kemajuan  pertanian nya sangat mengagumkan. Berkat irigasi gurun pasir disulap
jadi
tanah pertanian subur yg menghasilkan buah2-an terutama jeruk untuk ekspor.
Mereka orang Israel kompak, bersatu membentuk semacam koperasi [ kibutz]
semuanya harus bergotong royong.
---------------------------------------
Bandingakan dengan orang China perantauan di Indonesia, pada mulanya mereka
juga hidup sangat
sederhana makannya bubur plus caisim ca melulu. Tapi mereka kompak.
Waktu peristiwa pembantaian di kota 1740[?] juga gak dendam cuma menyingkir ke
pinggiran
Saling membantu meminjamkan modal, apapun yg terjadi, misal kebakaran, modal
harta benda habis;
dipinjami lagi tapi tetap harus membayar hutang yg dahulu.

Bandingkan dengan kita orang Islam Indonesia, ketika dapat pinjaman misalnya
kemudian rugi, kebakaran, maka hutangnya
di 'putihkan' dianggap lunas. Bahkan zakat di antaranya di berikan pada orang
yg berhutang [gharim].
Kemudian minjam lagi kan, ngemplang lagi, terus saja begitu. :-)
Jadi kurang gitu rasa bertanggungjawab.
Ekonomi Islam apalagi yg ditingkatan bawah, modal terkadang juga habis untuk
makan.
Untung dikit dah jor2-an.

Salam,
l.meilany