Katanya:
1. image IAIN hanya mencetak kyai dan ulama.
    masyarakat bersifat pragmatis dan berorientasi pada dunia kerja.
2. IAIN tidak berhasil mencetak kyai dan ulama --> liberal, sepilis -->
masyarakat tidak melihat fungsi IAIN lagi

Kembali ke judul, jadi yang mana yang menjadi penyebab turunnya minat studi
Islam?
apakah masyarakat bersifat pragmatis dan berorientasi pada dunia kerja =
liberal juga?

Perguruan Tinggi memang tempatnya membuat terobosan tempat pengembangan ilmu.
Bukan sekedar jadi tempat kursus yang mengajarkan pemikiran-pemikiran yang
sudah ada.
Kalau sekedar baca kitab lalu menjadi bebek, ya nggak perlu perguruan tinggi
lah...

Peguruan Tinggi ekonomi, selain belajar teori-teori ekonomi sebelumnya juga
mengembangkan konsep-konsep yang baru yang bisa jadi membuat usang yang lama.
dll.

Saya mengira kualitas tetap menjadi faktor penting dalam urusan jumlah
mahasiswa.
Jadi mmg bisa jadi malah di UIN Sunan Kalijaga malah tambah banyak.

Bahkan denger-denger, UIN sedang dibantu negara lumayan banyak lho untuk
revitalisasinya.
Fasilitasnya nanti mungkin akan jauh lebih bagus dari yang swasta sekalipun.
Sama dengan SMK yang sebetulnya sekarang jauh lebih bagus dari SMA.