Nimbrung curhat smoga nyambung:
Mungkin foto2 itu dibuat sebelum Hamas berkuasa di Gaza?
Pembangunan sampai sekarang jalan terus tapi kan diprioritaskan bagi
kepentingan Israel.
Stahu saya ni, blokade atas jalur Gaza diberlakukan Israel ketika Hamas
berkuasa sejak 2007. Meski Palestina belum merdeka tapi di bagian timur
kan aman2 saja. Yg bermasalah sejak lama kan selalu di Tepi Barat. Apalagi
Hamas sering skali kirim2 roket ke wilayah Israel. Maka satu2nya jalan,
blokade. Dari perwilayahan, kebutuhan hidup dibatasi; supaya ada pelemahan
dari pihak Hamas dan pendukungnya. Kan masyarakat Gaza juga ada yg
kristen, yahudi. Bagi kaum Yahudi diperbolehkan nyebarang ke wilayah
Israel. Sedangkan yg pro Palestina-Hamas dikurung. Bahkan jalur menuju
Mesir- Rafah harus ditutup. Mesir mungkin 'ngeri' kepada Israel atau tidak
mau kebebanan, repot dengan urusan pengungsi. Sapa tahu nanti mereka
nglunjak menuntut 'kemerdekaan-otonomi' seperti kasus orang Kurdi di
Irak/Turki.

Bandingkan dengan kondisi Indonesia setelah jajak pendapat di Tim2. Banyak
pengungsi yg pro integrasi masuk wilayah RI tanpa dibendung. Di Atambua
dan sekitarnya mereka mulanya juga di urus pmerintah RI yg baik hati;
apalagi ada wilayah Timor Lorosae yg ada di wilayah NTT, itu kan rada2
mirip kasus Palestina dan Israel.
Sekarang yg pro integrasi juga sudah ter-sia2; pmerintah dah capek urus.
Didokumentasikan dalam film 'Tanah Air Beta' Alenia Pictures yg baru
tayang kemarin. Kisahnya sedikit ada di Kick Andy Jum'at lalu

Jadi ni demi solidaritas kemanusiaan kalo disuruh milih- prioritas sebagai
WNI; lebih milih mana ke Gaza atawa ke Atambua?
Karena sampai saat ini urusan Gaza-Palestina selalu dikaitkan dengan
masalah agama- sangat sempit; padahal kan itu soal penjajahan,
pencaplokan.
Haregene gituloh masih ada penjajahan. Selesaikanlah di meja perundingan
bukan dengan kekerasan untuk tercapai Palestina merdeka; Hamas dan Fatah
juga bisa akur.
Betul tidak?

Salam,
l.meilany