Oetomo Tri Winarno wrote:
>Saya ingin menyampaikan koreksi kecil, mengenai milist yon 1 lain (di luar milist
>yang dikelola pak Syafril). Saya pernah ikutan milist tsb., tapi saya lupa nama
>persisnya, mungkin memang yang di yahoo. Anggotanya persis sama dengan yang
>disebutkan pak Joni Saleh. Seingat saya, saya ikutan milist lain ini mulai 98 s/d 99.
>Jadi lebih dulu dibanding milist yang dikelola pak
>Syafril.

Tetapi moderator milis <yon1@yahoogroups> sendiri menyatakan bahwa milis
itu "founded" 28 Mei 2000.

>Milist ini kurang populer, barangkali karena pada waktu itu penggunaan internet belum
>meluas seperti sekarang.

Kalau nyatanya milis ini mulai diluncurkannya Mei 2000, tentulah
kekurang-populerannya bukan karena penggunaan internet belum meluas.
Karena jangankan tahun 2000, tahun 1999 pun bermilis-ria sudah sangat
populer.
Dan ternyata milis <[EMAIL PROTECTED]> pun dimulai tahun 2000 juga,
hanya 1 atau 2 bulan lebih dahulu, namun toh (dengan anggota 130 orang)
jauh lebih populer.

Kalau saya boleh menilai, kekurang-populeran milis <yon1@yahoogroups>
adalah karena memulai membership-nya hanya pada sekitar Angkatan XX, XXI
dan XXII saja. Dan setelah itu pun diskusinya hanya bersifat
kekeluargaan (selamat ulang tahun, anak kamu sekarang berapa, minggu
depan kamu datang nggak di Pasar Seni ITB, dll. semacamnya). Ini tentu
bukan hal yang salah, namun lalu alumni yang bukan Angkatan sekitar
XX-an menjadi gamang untuk bergabung, karena merasa diskusinya nggak
nyambung.
Sementara itu milis <[EMAIL PROTECTED]> kalau pun ada posting yang
bersifat kekeluargaan, itu pun nuansanya masih nostalgia ke-Ekek-an atau
ke-ITB-an, sehingga susbtansinya dapat dipahami oleh semua Angkatan.

Faktor lain yang menyebabkan milis <[EMAIL PROTECTED]> menjadi
populer adalah karena moderatornya rajin mempromosikan milisnya ini
dalam berbagai acara copy darat.
Baik di batalyon (mahasiswa aktif), maupun dalam pertemuan Corps Yon-I
di Bandung dan Jakarta.
Bahkan juga dalam pertemuan alumni antar batalyon (bukan Yon-I saja),
malahan juga dalam dalam pertemuan alumni antar resimen (bukan
Mahawarman saja). Itulah sebabnya, selain members alumni Mahawarman dari
Yon lain, alumni Menwa Mahakarta, Sriwijaya, dll. pun ada yang jadi
member milis ini.
(Sementara itu ada milis di yahoogroups yang mengaku sebagai milis Menwa
se-Indonesia, tetapi members-nya hanya 20 orang).

>Milist ini pernah dijadikan sarana komunikasi antar "pengurus" Corps pada saat pak
>Iftikar pertama kali menjabat sebagai ketua Corps.

Saya tidak lihat adanya materi komunikasi antar pengurus ini dalam arsip
postings di milis <yon1@yahoogroups> sejak awalnya.
Barangkali yang dimaksud Oetomo ini adalah milis Yon-I yang lain lagi.
Jangan-jangan ada 3 milis Yon-I  :-)  :-)

==========

Bagaimana pun, terlepas dari milis mana yang lebih populer, saya rasa
sebaiknya memang perlu dilakukan "merger" sehingga hanya ada satu saja
milis utama Yon-I.

Namun "merger" itu tidak perlu dilakukan dengan me-likwidasi milis yang
mana pun.
Sebaiknya moderator milis <[EMAIL PROTECTED]>, sebagai milis yang
lebih "besar" (dan lebih "tua", walau sedikit beda umurnya), mengundang
dengan segala hormat semua members milis lainnya untuk bergabung pada
milisnya. Undangan bisa "disampaikan" secara kolektif melalui moderator
milis <yon1@yahoogroups>.
Tetapi milis <yon1@yahoogroups> tidak perlu dibubarkan. Eksistensinya
dapat dilanjutkan sebagai milis paguyuban/kekeluargaan para alumni Yon-I
Angkatan XX-an.

Wasalam.