In Memoriam : SETIONO BUDIMAN TAMAT

Interaksi saya dengan Almarhum sebetulnya sangat
terbatas tetapi senantiasa dalam konteks ITB sedang
menjalannkan misinya, khususnya seleksi mahasiswa baru.
Setiap tahun kegiatan itu merupakan kegiatan besar,
kalau tidak salah dulu namanya SKALU (Seleksi .. ..
Lima Universitas. Waktu itu testingnya adalah ber-
sama antara ITB, IPB, UI, GAMA dan UNAIR lima per-
guruan tinggi yang waktu itu disebut sebagai "centre
of exellence"-nya Indonesia). Jelas pelaksanaannya
perlu tertib dan lancar dan jika sudah demikian Yon I
ITB selalu berperan serta. Sudah tentu : pengamanan.

Anak-anak kita disebar di semua lokasi testing di-
seluruh Bandung (Unpad, SMA-SMA, SMP-SMP dan kampus
kita sendiri), dengan tugas antara lain mengawal
soal ujian yang harus diambil dari, dan dikembalikan
ke panitian pusat di kampus.

Nah, beberapa hari sebelumnya koordinasi dengan panitia
seleksi selalu ada. Dan almarhum Pak Setiono adalah
salah satu tokoh di kepanitiaan itu. Entah apa jabatan-
nya tetapi dia banyak mengelola kegiatan-kegiatan se-
cara operasional termasuk yang berhubungan dengan
pengamanan. Yang saya kenang adalah perikerjanya yang
bergaya gerak-cepat, bicara seperlunya tapu jelas &
tidak bertele-tele. Memberi pengarahan tentang lokasi,
titik-titik lemahnya, jumlah yang diseleksi dsb. Yang
selalu ia tidak pernah tinggalkan adalah penggambarannya
tentang bagaimana pekanya suasana testing, bagaimana
godaan-godaan bisa terjadi (beliau mengistilahkan dengan
"goda" saja) dan dari sana menasihati kita semua agar
waspada, tegas tetapi bijak. Gayanya kayak seorang menwa
saja layaknya : seorang pelatih pada anakbuah-anakbuahmya.
Tetapi dia tidak pernah bercerita bahwa dia juga (eks)
Menwa. Saya baru tahu beberapa tahun kemudian dari se-
orang senior. Ooh pantes....
Dan dengan itu semua kegiatan berjalan dengan baik. Se-
ingat saya, pada seleksi-seleksi yang saya ikuti (1973
s/d 1975) semua lancar dan tertib. Bahkan ada satu ke-
jadian pemalsuan peserta (joki) yang penyelesaiannya
antara lain dengan peran serta anggota Yon I yang ber-
tugas ditempat ybs.

Pak Setiono adalah seorang pekerja keras, dedikasinya
pada ITB sangat tinggi. Patut kita semua mendo'akan
agar arwah Almarhum mendapat tempat yang mulia di sisi-
Nya, dan keluarga yang ditinggalkannya tabah adanya.
Amiin.

Seluruh keluarga besar CORPS MENWA ITB dengan ini me-
nyampaikan rasa duka cita yang sedalam-dalamnya.

Iftikar.