-----Original Message-----
From: Tino, Ardhyanto [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Monday, December 02, 2002 11:46 AM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: [anggota] Re: ROTC

WCDS,
Kebetulan waktu saya melanjutkan sekolah di CSM saya diminta untuk menjadi
siswa tamu di ROTC tempat saya belajar. Pada saat itu pimpinan ROTC dimana
saya belajar pernah ditugaskan di Malaysia melihat bahwa pengetahuan
mengenai negara dan budaya lain penting untuk diberikan kepada mahasiswa.
Saya sempat mengikuti selama dua tahun, karena pada tahun ketiga hanya
diperbolehkan untuk warganegara Amerika Serikat saja. Mengingat batalyon di
tempat saya belajar merupakan batalyon yang dipersiapkan untuk Infantry,
Corps of Engineer, dan Artilery, maka seluruh materi pelatihan difokuskan
pada kebutuhan kesatuan yang terkait.  Untuk setiap mahasiswa yang mengikuti
program diberikan seluruh perlengkapan latihan (PDL, PDH, PDU, dll),
tunjangan US$100 per bulan, dan biaya sekolah gratis.  Persyaratan utama
bagi peserta adalah lulus fisik dan kesehatan, serta nilai akhir untuk
setiap mata kuliah tidak boleh lebih rendah dari B.  Selama mengikuti ROTC,
setiap mahasiswa diwajibkan untuk mempertahankan nilainya sekurang-kurangnya
B.  Bila mendapat nilai C, maka mahasiswa langsung dikeluarkan dari program.
Pada tahun ketiga mahasiswa mulai masuk ke dalam pamahaman politik dan
ketahanan negara. Untuk mahasiswa yang terpilih dapat mengikuti OCS (Officer
Candidate School). Pada tahun ke-empat mahasiswa yang berminat untuk
active-duty landsung mendaftarkan diri. Pada saat wisuda, untuk mahasiswa
yang telah diterima dapat menggunakan seragam kesatuan lengkap dengan
pangkat Letnan Dua.
Mudah-mudahan dapat menjadi informasi bagi yang memerlukan.
Salam,
TA