Widya Çastrena Dhamasiddha !

Niatnya berlebaran, menjaga semangat persaudaraan antarpemuda antariman,
yang asal mulanya pernah saya ceritakan di sini. Kebetulan salah seorang di
antara yang saya kunjungi adalah ketua salah satu partai, yang masuk 5 besar
nasional. Pertama kali saya kenal, ia belum memegang jabatan tersebut dan
waktu saya itu saya tidak terlalu mengenal siapa apa mengenai dirinya. Dan
kalau pun saya tahu, saya tidak terlalu perduli, karena saya tidak suka
dunia politik. Saya orang sejenis Sophan Sophian atau Sarwo Edhie Wibowo,
alias romantis.

Sejak semula, saat pertama mereka menerima undangan untuk ikut serta dalam
kegiatan tersebut, saya sudah memasukkan perkiraan bahwa mereka mencoba
meluaskan tataran wilayah mereka. Kesan ini tertangjap oleh saya, ketika
pimpinan wilayah partai tersebut -yang saya temui menurut rekomendasi
pimpinan kewilayahan ormas yang menjadi 'payung' mereka- langsung memasukkan
kegiatan yang saya sampaikan, sekaligus menyatakan kepastian bahwa organ
kepemudaan mereka ikut serta.

Dalam perjalanan waktu, seorang rekan pemuda dari gereja pernah menyatakan
pada saya, bahwa jika ditawarkan untuk menjadi caleg, ia akan dengan senang
hati bergabung. Saya cuma mengatakan agar ia berhatihati dengan hal
tersebut, karena musti jelas dulu segala sesuatunya, mengenai siapa yang
membutuhkan siapa.

Dan hari ini, saat beridhul adha, saya malah ditawarkan untuk menjadi caleg
mereka. Namun sebelum sampai pada tawaran ini, terlebih dulu saya mengajukan
nama rekan saya tersebut. Pengajuan namanya pun sebenarnya merupakan ujung
pancingan saya, mengenai bagaimana strategi mereka menambah perolehan kursi
di Kota Palembang, yang saat ini hanya 1, setara dengan 9.000 mata pilih.
Mereka sudah memiliki caleg dari pemuda Katholik, seorang pegiat dalam Fokus
(Forus komunikasi untuk kemanusiaan), sebuah gerakan moral antariman yang
terbentuk saat masa kacau 1998. Namun sampai saat ini, belum satu pun dari
Buddhist, Hindu dan Protestan yang mereka dapatkan.

Saya meminta saran dan pandangan para senior dan rekan semua.

Sharif Dayan
Eks 90 67 060 1560
--
-== http://www.ksatrian.or.id ==-
-== [EMAIL PROTECTED] (defense matter forum) ==-