AWW.

Sederhana saja, budaya berasal dari kata budhi dan daya yang
berati eksplorasi manusia atas akal budi dan keberdayaannya
dalam merespon fenomena kehidupan, dus dia adalah produk akal.
Agama (Islam) adalah produk Tuhan yang implementasinya
berdasarkan respon manusia terhadap petunjuk-petunjuk agama
tersebut dalam menghadapi fenomena kehidupan. Dengan demikian,
seandainya dibuat dikotomi antara agama dan budaya. Maka dalam
sudut pandang Islam, budaya adalah bagian dari agama.
Jadi kalau, agama dianggap sebagai budaya, maka manifestasinya
adalah "jilbab gaul", sholat pamer, haji riya dll. Atau malah
membonsai agama sebagai sekelumit ritual di pojok mesjid dan
musholla.
Wassalam. DZArifin.