Pak Agus,
Saya bukan vegetarian, tapi saya menghormati, bahkan sangat menghormati teman2
saya yang vegetarian, dan mereka semakin banyak jumlahnya. Seorang sahabat
dekat saya vegetarian, istrinya vegetarian, anak2nya sejak lahir "menolak"
daging mungkin karena sejak di kandungan tidak mengenal rasa daging, setiap
kali disuapi muntah, akhirnya susunyapun pake susu kedelai.

Apakah mereka sebaiknya jadi "wedus" ?

Saya kira setiap aliran kepercayaan/agama memiliki keyakinan masing2, seperti
muslim mengharamkan babi, hindu dianjurkan tidak membunuh sapi/tidak makan
daging sapi dan pada penerapan prinsip ahimsa (tidak menyakiti) yang lebih
mendalam dianjurkan untuk tidak makan segala jenis daging. Apakah teman2 agama
lain terima jika keyakinannya mereka dipertanyakan, apalagi diberi pertanyaan
retoris model "lapo kok gak dadi wedus ae".

Kalau dengan menjadi vegetarian seseorang bisa lebih bijak sehingga tidak
menuliskan kalimat penghinaan seperti yang anda tulis diatas, bagi saya itu
cukup untuk membuat saya lebih respek kepada orang yang tidak makan daging itu
ketimbang anda yang merasa baik2 saja dengan mengungkapkan pertanyaan itu. Bagi
orang yang terbiasa menghina, mungkin ungkapan2 seperti yang anda tulis itu
menjadi sesuatu yang "biasa".

Mengurusi yang masuk ke mulut adalah penting, tapi menurut saya, lebih penting
memikirkan apa yang keluar dari mulut.