Saya kok ga mudeng dengan relasi ini: "Itu juga bisa dilakukan terhadap apa
saja termasuk soal Inflasi yang walaupun sudah lama merdeka tetapi masih
diukur dengan beras".

Apa maksudnya kalau sudah merdeka maka penduduk dapat diasumsikan tidak
makan beras lagi dan komponen beras dalam perhitungan inflasi dapat
dihilangkan? Atau beras itu bagian dari sisa2 imperialisme, karenanya demi
analisa inflasi saya agak nasionalis maka komponen beras dihilangkan dari
perhitungan inflasi karena kita merupakan bangsa yang besar, merdeka dan
anti penjajahan?

Kalau demikian, diganti aja kali judulnya bukan "Berbohong dengan Statistik"
tapi jadi "Berbohong kepada diri sendiri"...