Proyek2 seperti Anaconda tentu perlu dipagar supaya ikan2 besar dan
balok2 kayu tidak bisa masuk.
Kira2 seperti farming ikan dilaut saja.
Selain itu kedalaman laut sedikitnya harus 40 m jadi cuma bisa di Lautan
Hindia.
Proyek2 1000 kw internasional masih skala percobaan.
Untuk kita bisa perlu ada downsizing sebab kebutuhan kampung2 pesisir
belum tinggi.

Dalam sistem2 ini energi mekanik (gerakan/gelombang) langsung jadi
listrik, tidak perlu tungku, hanya perlu kabel listrik kepantai.

Saya kuatir badan2 penelitian kita keliwat besar hambatan2nya, subvensi
dari pemerintah minim apalagi stimulus ekonomi. Yang lompat2 kemajuannya
India dan RRC yang dalam satu dua tahun ini sudah mulai mengancam untuk
banting harga dalam teknik angin dan solar.
Jangan heran tahun depan sudah bisa banjir aturan2 proteksi untuk
teknologi ini di Eropa.

Kita sendiri di bidang pltu saja masih merangkak tidak mau mandiri.

Salam

Hok An

Bali da Dave schrieb:

> Wow, baru lihat yang seperti ini.... sepertinya promising...  Asalkan
> kapal nelayan tidak lewat dan nabrak/mencurinya, sepertinya sangat
> menjanjikan.
>
> Untuk turbin yang dipasang dalam air, penelitian efek suara/wave yang
> ditimbulkan dalam air tentu sangat sulit dilakukan. Sangat sulit
> mengetahui efek diletakkannya turbin ini bagi habitat fauna laut. Tapi
> toh harus diakui banyak kapal motor yang lalu lalang di atas permukaan
> tidak ada orang yang komplain dengan suaranya/efeknya bagi penangkapan
> ikan/habitat laut.

> [...]

Kirim email ke