Q: Apakah benar nih menyuburkan Bank Syariah itu sendiri atau menyuburkan
orang2 yang tidak bertanggung jawab untuk dapat menjebol kredit Bank Syariah?

Nicky

________________________________
From: Ari Condro <masar...@gmail.com>
To: AhliKeuangan-Indonesia@yahoogroups.com
Sent: Thu, April 8, 2010 5:36:07 AM
Subject: Re: Bls: [Millis AKI- stop smoking] Fatwa Bunga Bank Haram 'Suburkan'
Bank Syariah

sebenarnya yah jangan diposisikan sebagai penentang, belum kelasnya, kalau
jadi partner atau pelengkap mungkin bisa :) lha masalahnya pasar
financial/derivatif ambruk, tapinya yang sukuk dengan underlying assets juga
ambruk. jadinya ekonomi islam tidak bisa menjadi alternatif berinvestasi
yang aman ketika "sektor riel - properti ambruk"

kenapa bisa ambruk, lha, underlying assetsnya sama sama berada pada basket
resiko yang sama dengan yang konvensional.

btw, meskipun chowdury sudah bilang, jangan pakai konsep time value of money
tapi pakailah economic value of money, tapi pelaksanaannya mungkin sama
susahnya, kalau di dunia financial ini debatan antara pakai metode
portofolio CAPM - capital assets pricing model atau APT- arbritage pricing
theory. capm dianggap absurd karena segala esuatu dinisbatkan pada beta,
sedangkan APT tidak operasional di dunia nyata karena tidak mampu menentukan
faktor apa saja yang sebenarnya dominan membentuk resiko.

Economic value of moneynya Choudury, imho, sama nasibnya dengan APT, ketika
akan dioperasionalkan, orang berdebat tak kunjung henti (mana penelitian
empiris di bidang ini juga nggak pernah tuntas), faktor apa saja yang akan
dimasukkan sebagai unsur pembentuk resiko. sehingga daripada susah susah,
batu pijakan buat pembandingnya tetap pakai suku bunga konvensional. hehehe
:))

salam,
Ari