Saya belum melihat ada yang gagal. Malah banyak yang sukses seperti di Amerika,
Turki dan Australia. Bisa saja Jakarta sebagai Megapolitan sekaligus Ibu Kota.
Pertanyaan dana raksasa dari mana yang harus disediakan untuk merombak Jakarta
ini. Bangun monorail saja nggak jalan jalan. Solusi lebih murah ya memindahkan
lokasi. Pilihan Kalimantan memang yang paling ideal, masalahnya biayanya juga
sangat besar. Yang paling  realistis ya Bogor yang sudah ada 3 istana di sana.
Pilihan lain adalah Jonggol, Sentul atau Bogor Utara.
Pemindahan ke daerah daerah tersebut relatif tidak sebesar merombak Jakarta
atau memindahkan ke luar pulau Jawa.

--- In AhliKeuangan-Indonesia@yahoogroups.com, Dody Dharma Hutabarat