On Tuesday 17 July 2007, kaeroni wrote:

> hehehe.. aneh ya, bukannya milist ini untuk umum? berbagi informasi yang
> pasti adalah mengenai warnet namanya juga asosiasi untuk warnet dan juga
> info mengenai isp ataupun yang lainnya yang sangat mungkin dibutuhkan dan
> membantu bagi yang membutuhkan info tersebut dimilis ini. Baik itu untuk
> owner warnet, teknisi warnet, operator warnet atapun pemerhati perkembangan
> IT di tanah air ini di milis kita ini, tapi kenyataannya moderator kok
> kayak owner semua yang punya hak dan sok kuasa dengan peraturan yang rada
> [...]

Kurang fair bagaimana? Ini memang milis umum, tetapi bukan berarti tidak ada
aturan. Setiap 2 minggu sekali, tatib.txt dikirimkan sebagai pengingat. Anda
silahkan cek lagi isinya. Sebagai anggota milis, anda WAJIB mentaatinya juga
siapapun anggota milis ini, bahkan termasuk moderator. Semua tatib / netiket
dibuat berdasarkan pengalaman pengelolaan milis ini sejak tahun 2000. Tentu,
ada dinamika selama perjalanan itu, bisa jadi tidak fair bagi beberapa orang
akan tetapi satu hal yang pasti, peraturan itu dapat menjamin kenyamanan dan
kelancaran diskusi hingga saat ini. Artinya, melindungi kepentingan umum.

Kalau anda membutuhkan informasi iklan semacam ini, silahkan posting meminta
review, karena semua warnet di milis ini punya pengalaman dan rekomendasi ISP
mana yang paling sesuai. Silahkan baca arsip milis, review dari semua segi &
pengalaman riil, jauh lebih lengkap daripada iklan yang kadang tidak jujur.

Orang yang saya peringatkan, dengan sengaja memanfaatkan milis ini untuk spam
dan tidak berminat memberikan kontribusi. Itu dilarang oleh netiket. Iklanpun
harus dengan persetujuan moderator supaya tidak menjadi newsletter. Kalau ada
1 vendor mengirimkan 1 iklan saja setiap minggu, banyak orang akan terganggu.
Apalagi, orang yang saya peringatkan ini sebelumnya tidak menanggapi kritikan
yang saya lakukan tentang penawaran layanan dan harganya yang dibilang murah,
tetapi sebenarnya tidak. Ini bisa dianggap mislead informasi, padahal syarat
beriklan di milis ini harus transparan dan dengan identitas lengkap. Buktinya
bahwa orang ini tidak bermaksud baik adalah account-nya ternyata NO MAIL. Itu
artinya dia tidak membaca kritikan saya dan tidak peduli dengan diskusi milis
ini, sebab kepentingannya hanya berjualan. Lantas, untuk apa kita pedulikan?

Jangan lupa, orang ini sebelumnya sudah diberi kesempatan beriklan. Fair kan?
Bahkan posting iklan yang berikutnya pun diloloskan moderator. Sudah cukuplah
kesempatan diberikan, tapi ternyata dia tidak menghormati netiket. Untuk spam
moderator diijinkan langsung memberi peringatan terakhir & sanksi ban karena
upaya spam adalah pelanggaran berat. Sesuai netiket. Silahkan perhatikan lagi

Jadi, sebelum saya memberi peringatan, sudah memeriksa terlebih dahulu, tidak
main tuduh. Untuk menjaga fairness secara umum kita memang harus berani untuk
bersikap tidak fair bagi sebagian kecil pihak / peserta milis. Untuk itu saya
memberi kewenangan dan mendukung penuh kepada seluruh moderator milis ini.

Just FYI, saya owner milis ini.

--
Regards,

Pataka