assalamu alaikum,

mohon sharing ilmunya. barakallahu fiikum sebelumnya

1. Dulu, saya pernah solat isya' di al irsyad - surabaya. Kebetulan imamnya
Syaikh Syuraim dari masjidil haram. Ta'mir nya bilang, syaikh syuraim hanya
solat 2 rokaat untuk isya' karena beliau sedang safar. Apakah sarat2 nya solat
safar ini. Apakah sama dengan solat jama'.

2. Saya sedang safar. Dan ingin solat jama' ta'khir dhuhur di waktu asar.
Ndilalah waktu di masjid sedang solat asar berjamaah. Apakah saya boleh
langsung solat asar dan duhurnya belakangan setelah solat asar. Dan bolehkah
dhuhurnya di qasar 2 rokaat karena saya sedang safar.

3. saya sedang safar. Kemudian menemukan masjid untuk solat maghrib berjamaah.
Setelah jamaah selesai saya ingin solat isya' dengan jama' qasar. Karena nggak
menemukan orang yang diajak jamaah, maka solatnya saya tunda. Kemudian saya
menemukan masjid yang lain dan ada orang yang solat jamaah isya'. Maka saya
langsung ikut dengan solat isya; dengan mereka. Bolehkah ini karena saya
menunda pelaksanaan solat jama' sampai menemukan jamaah yang lain.

4. Bolehkah melakukan solat jama' ta'khir maghrib 4 rokaat karena imamnya lagi
solat isya' 4 rokaat. Maaf dalam hal ini, solat jamaah tersebut bukan jamaah
pertama, melainkan jamaah yang sudah ke x+1.

salam,

Hanif

Yahoo! Groups gets a make over. See the new email design.
http://us.click.yahoo.com/hOt0.A/lOaOAA/yQLSAA/TXWolB/TM