assalamu 'alaikum,

sebagai tambahan:

saya memiliki banyak teman dari aljazair baik ketika di prancis maupun di negri
emirat arab saat ini. Aljazair adalah negri sunni dan tidak ada syi'ah di
dalamnya.
Sebagian mereka memang TIDAK BERSEDEKAP ketika shalat karena memang Aljazair
bermadzhab maliki.
Sebagian dari mereka BERSEDEKAP ketika shalat karena da'wah salaf di aljazair
memang sudah meluas terutama setelah perang saudara antara FIS dengan
pemerintah.

adapun saudara2 kita dari madzhab hanafi (india, pakistan, afghanistan), maka
mereka biasanya bersedekap dengan meletakkan tangan di pusar.

Allahu A'lam,

hanif
di sharjah

2008/12/22 Ahmad Ridha <ahmad.ri...@gmail.com>

> Wa'alaykumus salaam warahmatullahi wabarakaatuh,
>
> Sepertinya masalah ini jadi berlarut-larut. Sebelumnya perlu ana perjelas
> dulu bahwa pendapat yang ana pilih adalah bahwa tangan bersedekap ketika
> posisi qiyam dalam shalat namun posisinya tidak tertentu (pendapat Syaikh
> Muqbil). Akan tetapi, perlu diingat bahwa banyak perkara dalam fiqh terkait
> dengan ijtihad baik dalam penentuan derajat dalil maupun dalam proses
> penarikan hukum. Oleh karena itu, bukan hal yang aneh muncul perbedaan
> pendapat dalam fiqh (lihat Raf'ul Malam karya Syaikhul Islam Ibnu Taymiyah).
> [...]

INFO:
Saat ini domain assunnah.mine.nu telah diambil alih (direbut) oleh pihak yang
tidak diketahui. Isi dan kandungannya tidak ada hubungannya dengan pengelola
sebelumnya.