Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Afwan, ana tidak bermaksud berdebat di milis ini tetapi ada beberapa hal yang ana rasa perlu perlu dipertimbangkan dari tulisan di bawah ini - (semoga moderator Assunnah berkenan meloloskan unggahan surel ana ini):

/"...di negeri yang mayoritas muslim tidak perlu ada pelabelan "halal" pada makanan. Justru seharusnya label "haram" lah yang harusnya ada pada makanan-makanan yang haram..."

/Setuju dengan pernyataan tersebut diatas dan memang itulah yang selama ini diperjuangkan oleh beberapa aktivis, menyangkut adanya RUU tentang kehalalan makanan - bahwa semua makanan yang diperdagangkan di Indonesia harus halal kecuali yang khusus diperuntukkan non-Muslim, yang harus diberi label khusus. NAMUN peraturan semacam itu sulit sekali (tidak mungkin) lolos di DPR dan kemungkinan label halal lah yang nantinya diberlakukan seperti sekarang ini.

"/- Indonesia adalah negara Islam dengan penduduk muslim terbesar di dunia, sekitar 86% penduduk Indonesia adalah muslim, maka hukum asal makanan di Indonesia adalah halal."
/
/"Jadi memakan makanan di restoran di Indonesia hukumnya adalah halal, sampai terbukti bahwa makanan yang disajikan adalah haram. Kecuali pada restoran/makanan yang jelas-jelas keharamannya.//"

/Afwan, prinsip dan kesimpulan di atas harus dipertanyakan kecuali kalau kita (beserta seluruh keluarga kita) memang rela untuk menyantap makanan atau masakan yang mengandung zat haram (meskipun kita tidak tahu). Ini mengingat perkembangan teknologi pangan (pembuatan makanan) sekarang ini, yang sudah sangat tidak murni lagi. Cara memasak (terutama di perkotaan) telah sedemikian rupa dipengaruhi oleh cara memasak dari budaya dan negara lain (terutama dari budaya masak Cina untuk masakan dan dari barat untuk roti/kue) dengan alasan menambah kelezatan/kesedapan makanan. Kan banyak sekali orang Indonesia yang menjual masakan Cina dan juga membuat roti/kue yang berasal dari barat seperti blackforest, tiramisu, brownies dsb.? Demikian pula bumbu masak/penyedap yang diperjualbelikan secara bebas yang pada hakekatnya adalah bumbu yang bukan aseli Indonesia (berasal dari Cina, Jepang dsb) yang cenderung berstatus haram, namun keharaman mereka tidak diketahui sebagian besar orang awam (termasuk pedagang makanan)/.
/

*Tentang kesimpulan di atas /"../**/memakan makanan di restoran di Indonesia /**/hukumnya adalah halal sampai terbukti bahwa makanan yang disajikan adalah haram.."/ pertanyaannya adalah darimana kita bisa membuktikan bahwa makanan itu haram kalau kita tidak pernah bertanya atau mempertanyakannya? Pernyataan ini sangat umum, sehingga bahkan mencakup semua restoran Cina atau non-Muslim. *

Afwan bila tidak berkenan.

Barokallahufik.

*Tentang resto the Buffet yang dipertanyakan dan menjadi awal dari polemik ini, kebetulan ada sebuah unggahan di milis lain yang ana copas di bawah (bayangkan bagaimana perasaan kita bila berbuka puasa dengan makanan yang mengandung zat haram):
*