  From: Pan Bima
  To: bali@lp3b.or.id
  Sent: Tuesday, October 23, 2007 2:59 PM
  Subject: [bali] Re: Berita Duka : numpang lewat

  Imemoriam Prof. Dr. IGN Gorda,

  Sudah lama saya tahu nama Prof. Gorda dari koran dan media massa. Beliau
adalah pendiri sekaligus yang membesarkan Undiknas. Saya selalu kagum dengan
orang-orang yang membangun dunia pendidikan. Ternyata Prof. Gorda tidak hanya
mengabdikan dirinya di dunia pendidikan formal saja, tetapi juga banyak
memiliki kepedulian kepada masalah2 keumatan, budaya, politik, manajemen  dan
kepemimpinan.

  Di Singaraja, beliau juga mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE),
sebagai wujud keinginan beliau menyumbangkan sesuatu yang berharga di dunia
pendidikan.

  Pertama kali ketemu beliau adalah saat saya dan beliau jadi narasumber dalam
acara obrolan pagi santai di Radio Guntur FM di singaraja. Saya ingat sekali
wacana beliau saat itu, mengingatkan kita bahwa daerah Buleleng adalah
Nyegara-Gunung. Sebuah potensi yang bagus untuk mensejahterakan masyarakatnya,
dan sebuah wilayah yang memiliki nilai-nilai spiritual.

  Setahun yang lalu saya beserta seorang teman datang ke rumah beliau di Puri
Sukasada, untuk mengundang beliau sebagai narasumber di Diskusi Panel yang
diselengarakan oleh LP3B. Topiknya sekitar Kilas balik kepemimpinan Ki Anglurah
Panji Sakti di Buleleng 463 tahun yang lalu. Lama kami ngobrol dan banyak
sekali nilai-nilai kepemimpinan Ki Anglurah Panji Sakti yang diceritakan oleh
Prof. Gorda spontan saat itu. Kami juga diberikan sebuah buku karangan beliau
tentang Kepemimpinan Ki Anglurah Panji Sakti.  Namun sayang sekali, dua hari
menjelang hari H Diskusi Panel tsb, kami mendapatkan khabar bahwa beliau tidak
bisa hadir karena sedang dirawat di RS di Denpasar. Tentu rasa kecewa ada.

  Pada saat Ikatan Alumni SMPN 1 Singaraja akan menyelenggarakan juga sebuah
Diskusi Panel dalam rangka pilkada, saya kebetulan juga menjadi salah satu
panitia, maka saya tidak ingin melewatkan kesempatan untuk mencoba sekali lagi
mengundang beliau sebagai salah seorang narasumber. Dan pada tanggal 19
Pebruari 2007 yang baru lalu tsb, beliau bisa memenuhi undangan Ikatan Alumni
SMPN 1 sebagai narasumber dalam diskusi panel dengan tema : Merumuskan Kriteria
Pemimpin Buleleng Masa Depan. Saya termasuk yang sangat senang pada saat itu,
dapat langsung memandu sebagai moderator dalam diskusi panel tsb. Diskusi panel
yang sangat dinamis saat itu, disamping karena temanya yang provokatif, juga
dikarenakan oleh kemampuan Prof. Gorda menyampaikan materi secara sangat
menarik.

  Kita semua merasakan, bahwa Prof. Gorda telah memberikan kontribusi yang
sangat besar kepada Bali maupun masyarakatnya. Kini beliau telah dipanggil
Brahman, proses karma beliau selama di dunia ini tentu akan membawa Atman
beliau mendekati Brahman. Semoga beliau dapat damai di sisi NYA.

  salam
  wisnaya