From: i ketut darma <i_ketut_da...@yahoo.com>
To: Made Wirata <madew...@indonesian-aerospace.com>
Sent: Tue, 3 Feb 2009 21:45:08 -0800 (PST)
Subject: Re: Fw: [bali] Re: Betreff: Fw: PLTU Celukan Bawang

Bli Made,
Saya dpt brt dari Bali, bahwa dari situr suara rakyat, katanya ada rencana PT
Bali
energy akan membebaskan sisa lahan U/ PLTU celukan bawang kira2 masih 20 Ha
dengan
sistim konsinyasike PN singaraja.Kita tahu bahwa PT BE itu dianggap oleh
masyarakat
setempat sebagai calo tanah, sebab dia tdk pernah menyodorkan surat ijin
pembebasan
tanah, hasil amda, surat ijin lokasi, surat ijin tetangga (desa lainnya)dll.
Dia
bergerak secara diam-diam,tdk transparant, sistim grilia shg tentu banyak yg
dirugikan.Bagi masyarakat yg sudah waspada (yg 20 Ha) tentu masih menahan
tanahnya,
sebelum semuanya jadi jelas. Karena yg 20 Ha itu belum ada nego harga sama
sekali.Kajian dari DPRD sampai saat ini juga tidak ada hasilnya, entah wakil
rakyat ini
berada diposisi mana, kurang jelas alias tutup mata dg berkeliarannya calo tnh
tadi.
Kita tahu proyek itu murni swasta.Nah kalau proyek pemerintah kan biasanya ada
panitia
pengadaan tanah yg dibentuk oleh Bupati, dan disini Bupati hanya memberikan
surat
rekomendasiinvestor pembebasan lahan yg berlaku 6 bulan?. Nah rupa-rupanya PT
BE itu
rekomendasinya habis tgl 4 Februari ini. Shg muncul di situs SR rencana PT BE
itu
membebaskan lhn itu dg sistim konsinyasi ke PN Singaraja.Tapi Bli saya rasa itu
akal-
akalannya PT BE agar masyarakat cepat-cepat menjual tnhnya murah-murah bukan
begitu Bli
Made?.
Bagaimana sebaiknya masyarakat yg 20 Ha itu bersikap terhadap ancaman PT BE
itu,
sedangkan proses-proses nego, ijin2, proses hearing DPRD- masyarkt- PT BE belum
dilakukan, tiba-tiba (kalau itu benar dilakukan)PT BE hendak melakukan
konsinyasi,
apakah proses konsinyasi itu bisa berjalan?, bagaimana masyarakat itu harus
bersikap
Bli? Tolong dong pencerahannya.

Salam
I Ketut Darma