  From: Lif Rahayu
  To: balita-anda@balita-anda.com
  Sent: Tuesday, September 26, 2006 1:27 PM
  Subject: Re: [balita-anda] ANAKKU DIPERMALUKAN!

  Hiks.....bener. saya jadi inget waktu saya kecil dulu. Usia 9 tahun kelas 4
  sd. Saya gak pernah bikin ribut di kelas, tiba-tiba ada temen yang ngajak
  ngobrol, saya cuma nanggepin sekedarnya aja, eh, dipanggil gurunya terus
  saya distetrap di depan kelas. Waduh, malunya saya, itu terusss saya inget
  sampai berbulan2 kemudian. Kemudian, pernah saya protes gurunya, mosok 9
  dibilang bilangan prima, lha 9 kan bilangan ganjil, bil prima itu yang tidak
  dapat dibagi oleh bilangan lain kecuali 1 dan bilangan itu sendiri, lha 9
  kan bisa dibagi 3. Yang ada, saya diomelin gurunya dan disumpahin..."Lif,
  beraninya bilang ibu salah, ibu doain kamu gak jadi rangking 1 lagi...". Lha
  ya saya koq jadi dihukum karena protest pelajaran matematika, padahal kalo
  gurunya mau buka buku dikit aja, ketahuan deh kalo dia yg salah. Hmmm, asli,
  sedih dan sakit hatinya saya gak ilang2 sampai berbulan2. Sayangnya ortu
  saya diem aja waktu itu, yah, klise lah, jaman dulu kan gitu, guru yg paling
  benar. Untung tahun berikutnya saya pindah sd, dan benar 9 mah bukan
  bilangan prima.

  Intinya sih, jangan mudah memberi stigma ke anak, malas lah, tukang ngobrol
  lah, tukang proteslah....lihat dulu inti masalahnya. Kalao memberi hukuman
  boleh, tapi please jangan ngasih stigma. Karena bisa jadi anak malah jadi
  malas atau bandel beneran. Kalo anak dibilang bandel, bisa jadi gedenya jadi
  bandel beneran, karena ucapan bisa diartikan sebagai doa.

  Makasih, weleh, malah jadi curhat.

  Lif-Mama Nayma
  susahnya cari sekolah yg bagus

Kirim email ke