Ibu-ibu, bapak-bapak, oom omm dan tante tante,

Anak saya, Nayma, usia sekarang 6 bulan, sudah satu bulan ini susah sekali
minum susu dari botol dot. Akhirnya dicoba dengan sendok, wah, susah juga,
pertama-tama masih bisa, lama-lama, tangannya udah pinter menepis. Akhirnya
kita paksa-paksa, tangan dipegangin sampai nangis-nangis, susu bisa masuk,
tapi jika lebih dari 60ml, langsung muntah semua. Kebetulan saya ibu
bekerja, jika saya di rumah, tidak masalah, karena Nayma doyan banget nenen,
masalah muncul jika saya bekerja, susah sekali minum susu. Akhir-akhir ini
sudah diberikan bubur bayi, yang oleh mbaknya dicampur dengan susu, nah
kalau bubur, dia doyan sekali. Setelah diberikan bubur, biasanya diberikan
air putih, air putih yang diberikan lewat cangkir, inipun tidak nolak, tapi
jika susu diberikan lewat cangkir, wah, cuma dimainin di mulutnya, tidak
diminum.

Sekarang berat badannya turun dari persentil 87 ke 75, berat lahirnya di
persentil 65 (memakai grow chart edisi 2006). Perut anak saya sampai
terlihat kempes begitu, biasanya terlihat ndut. Usia 5.5 bulan kemarin,
berat badan 7.8 kg, lahir 3.54 kg. Mestinya kan bayi seusia dia mimik
susunya bisa habis 4-5 botol (isi 120 ml) dalam 10 jam (selama saya kerja),
tapi kenyatannya paling banter habis 2 botol (total 240 ml), itupun mbaknya
penuh perjuangan dan penuh tangisan anak saya.

Perkembangan motoriknya masih baik. Yang ingin saya tanyakn mungkin ada
parents yang pernah mengalami hal seperti saya, dimana anak saya hanya mau
minum susu langsung dari ibunya, tidak mau mik dari botol, sendok, dan punya
jalan keluarnya?

Hiks....bahkan saya pernah coba pakai susu formula yang katanya rasanya
gurih dan manis, teteeep anak saya tidak mau.

Terimakasih banyak....

mama Nayma
yang lagi pusing anak gak mau mimik susu selain nenen

Kirim email ke