Pak...

untungnya kalo buat aku sebagai orang katolik banyak sekali, karena dalam
hukum perkawinan orang katolik kalo mereka menikah hanya sekali seumur hidup
tak terceraikan kecuali oleh MAUT, kalo salah satu meninggal baru bisa kawin
lagi itu pun harus dengan menunjukkan bukti2 yang ada seperti surat kematian
suami/istri, karena hanya 1 kali seumur hidup jadi tidak mengenal adanya
poligami, hanya ada satu monogami dan untuk proses menikah pun cukup rumit
banyak langkah2nya, tidak bisa dalam hitungan hari jadi/selesai harus
dipersiapkan paling cepat 3 bulan karena harus melewati proses kursus
perkawinan, penyelidikan oleh Pastur, pengumuman di gereja selama 3 minggu
berturut2 kalo tidak ada yang halangan dan tidak ada yang keberatan baru
boleh mereka menikah. Kalo pun ada yang namanya perceraian itu pun prosesnya
sulit memakan waktu yang panjang bisa sampai bertahun2 karena kasus
perceraiannya itu harus ada surat dan diproses sampai ke Vatikan Roma.
Selama proses perceraian itu belum selesai kita tidak akan diijinkan untuk
menikah di gereja katolik manapun diseluruh dunia.

Ambil contoh kasus Sohia Latjuba dia tidak bisa menikah di gereja katolik
karena Michael masih terikat perkawinan dengan istrinya dan masih dalam
proses perceraian, makanya mereka tidak menikah di gereja Katolik.
Dan perkawinan di gereja katolik bisa dibatalkan kalo sampai ada salah satu
diantara suami/istri masih terikat perkawinan dengan yang lain.
Jadi itu kira2 sedikit keuntungannya aku sebagai orang Katolik.

Maaf ya kalo ada kata2 yang kurang berkenan, karena pada dasarnya semuanya
baik hanya tinggal bagaimana setiap individu itu menjalankannya semua
tergantung dari diri kita masing2 sebagai ibu dan istri kalo aku pribadi
entah beragama apapun pastinya tidak rela kalo suamiku berbagi dengan
perempuan lain.

Itu aja sedikit dari aku, mudah2an bisa menjawab pertanyaan dari Pak Hidayat
ya....

Kalo ada kata2 yang kurang berkenan dan salah mohon dimaafkan.

Tks
Mama Dino