wah hebat mbak hesty ini
sempet ngejelasin panjang lebar lengkap.....

tapi saya mau yah sumbang saran sedikit yg mungkin agak beda sama mbak hesty...

ttg PEDE, itu bener mbak, kit aharus pede, yakin bahkan NARSIS kalo asi kita cukup.. ini kenapa? karna dengan narsisnya kita, hormon2 oksitosin akan bekerja untuk memproduksi asi.... jadi kalo sang ibu gak pede, gak bakalan asinya memadai meskipun tiap hari dah makan katuk, minum pil, moloco, bayi dipaksa ngenyot terus, makan kacang2an

pengalaman saya anak pertama, dah komplit deh makan makanan yg katanya bisa memperlancar asi... saya juga dah "maksain" sesring mungkin menyusui bayi saya... tapi karena saat itu saya kurang pede, tetepppp hasilnya gak memadai, sehari hanya dapet 60 cc....

tapi pada anak kedua saya, saya sama sekali gak pernah makan2an yg katanya bisa memperlancar asi.... gak pernah minum moloco apalagi primperan dan suprasi....dan gak pernah maksain bayi untuk ngenyot terus heheheh (artinay secukupnya aja dan rajin diperas), tapi asi saya alhamdulillah sangat cukup (bahkan saya termasuk pendonor asi juga lhooo *ceritanya pamer dotkom*)

lalu mengenai lamanya menyusu, sebaiknya jangan ditiming.... jaman dulu kala, waktu jam belum diciptakan, wanita sudah mulai menyusui kan ya.... susui bayi pada satu payudara hingga dia terlihat puas.... jangan dipatok 15 menit.... bayi A tidak sama dengan bayi B...

bayi saya butuh waktu sekitar 20 menit untuk puas di payudara kanan.... lalu saya sendawakan, setelah itu baru saya tawarkan yg kanan lagi... kalau dia terlihat masih mau, saya teruskan di payudara kanan (supaya anak dapet hindmilknya), tapi kalo dia tolak, baru saya kasi yg kiri... kalo dia mau, saya teruskan pada payudara kiri... kalo dia nolak, berarti dia dah kenyang....

yg patut dicurigai adalah jika bayi terasa terlalu lama nempel pada satu payudara (contoh: satu jam lebih), bisa jadi karena proses pelekatan mulut - areola kurang tepat sehingga susu tidak cukup mengalir keluar....

lalu mengenai jadwal pemberian asi, sekali lagi, jangan dipatok jamnya... beri sesering mungkin sesuai permintaan bayi... 2 jam sekali hayukkkk, 4 jam sekali hayukkkk yg penting, kuasai tanda2 kurang asi ya....

mengenai bayi cowok minumnya lebih banyak dari cewe, ini kurang benar.... setiap bayi itu unik... ada bayi cewek yg minumnya lebih banyak dari bayi cowok...

ttg pub kuning (golden feses), biasanya memang dimiliki oleh baby dengan asi eksklusif... bayi dengan asi ex wajar kalo tidak pub hingga 14 hari... anak saya rekornya 7 hari baru pub... gak masalah....

sekian dulu sumbang masukan dari saya , semoga bermanfaat

silahkan kalau ada yg mau dikoreksi yaaa

----- Original Message ----- From: "Hesty Wuryani" <[EMAIL PROTECTED]>