Mbak Niken,

Penyebabnya gak jelas. Temen saya yang dokter aja anaknya ada yang bibir
sumbing.

Bibir sumbing banyak tipenya, semoga kelainan hanya di bibir saja, tidak sampai
ke langit2 mulut dan mempengaruhi hidung. Penanganannya lebih sulit dan harus
dioperasi secepatnya supaya bisa menghisap susu, itu kalo parah ya. Dan nanti
dipperasi lagi usia 3 bulan kemudian 2 tahun dan harus terapi wicara.

Tapi kalao bibir sumbingnya gak parah alias hanya bibir saja, bisa ditunda
operasinya.

Sebaiknya segera urus ktp, kk dan surat keterangan tidak mampu, nanti minta
rujukan dari puskesmas, rsud dan seterusnya. Semoga bisa mendapatkan biaya
gratis.

Didoakan semoga sumbingnya gak parah ya dan lekas ditangani.

Sent from my iPhone