Mbak Rifa,

Saya sekedar mau menambahkan aja. Sebenarnya untuk imunusasi khususnya
imunisasi dasar seperti hepatitis B, polio, bcg, dpt dsb itu disubsidi
oleh pemerintah. Kalopun dikenakan biaya itu akan masuk ke kas pemda. Dan
bahkan bukan hanya imunisasi yang disubsidi tetapi ibu hamil pun dapat
subsidi. Saya tahu ini dari ibu saya. Kebetulan ibu saya bidan di Jawa dan
tugasnya itu memantau kesehatan ibu ibu hamil agar sehat sampai melahirkan
dan juga bayi yang dilahirkan. dari puskesmas ibu saya bekerja juga ada
anggaran khusus untuk pemberian makanan bergizi ibu hamil.

Sebenarnya kalo kita mau memanfaatkan psyandu atau puskesmas, banyak biaya
yang bisa dihemat. Hanya saja (mungkin lo) masalah gengsi karena puskesmas
identik dengan kaum miskin.

Saya pun sering memanfaatkan puskesmas melalui ibu, bapak dan adek saya
yang kebetulan semuanya bekerja di puskesmas, salah satunya imunisasi
untuk Anargya. Hampir semua imunisasi Anagrya gratis dan disuntikkan oleh
ibu saya sendiri.

O,ya di puskesmas setahun dua kali (kalo gak salah bulan Feb dan Agustus)
ada pemberian gratis kapsul vit a untuk balita (diatas satu tahun).

"Rifa" <[EMAIL PROTECTED]>
08/07/2004 09:49
Please respond to balita-anda