Anak saya namanya Julius, sekarang usianya 4 bulan.  dia putra saya yang
pertama.  Julius alergi susu sapi dan susu kedelai.  Sekarang dia minum susu
formula khusus untuk anak alergi.
Ceritanya sekarang dia mulai belajar makan.  Saya lihat disupermarket ada
biskuit untuk anak 4 bulan ke atas (ga usah saya sebut merknya ya).  Saya pilih
yang tidak mengandung susu (mengingat dia alergi susu sapi).  jadi tuh biskuit
saya larutkan dengan susu yang biasa dia minum.  Saya lupa atau tepatnya tidak
perhatikan benar kalau anak 4 bulan tidak boleh makan makanan yang mengandung
gluten seperti yang terdapat di tepung terigu (bahan untuk membuat biskuit).
Untuk beberapa anak memang tidak apa-apa, tapi oleh DSA memang dilarang kawatir
kalau alergi.  Karena ragu saya juga sempat menghubungi produsen pembuat
biskuit bayi tsb untuk memastikan aman untuk anak saya, karena anak saya doyan
banget ama biskuit tsb.  katanya aman jadi saya berikan pada anak saya.  1 kali
sehari dan disajikan encer.
Tapi ternyata anak saya jadi diare.  Setelah diperiksa ternyata memang gara-gara
makan biskuit itu.  saya jadi kesal mengapa tuh produsen bilang kalau aman untuk
anak 4 bulan.  Memang ada anak yang kuat (tidak jadi diare), tapi menurut dokter
sebagian besar anak umur 4 bulan memang tidak tahan terhadap gluten karena dalam
sistem pencernaannya belum ada enzim yang bisa mencerna gluten.  Enzim tersebut
baru ada setelah usia 6 bulan.  Katanya juga oleh badan WHO (badan kesehatan
Internasional), bayi umur 4 bulan memang tidak boleh diberikan bahan makanan
yang dapat memicu penyakit seperti gluten yang ada diterigu.  Apa demi
keuntungan produsen makanan bayi mengabaikan peraturan...harusnya produsen tsb
tidak boleh mengklaim produknya untuk anak 4 bulan......korbannya kan anak yang
masih kecil....tega banget!!!
Saya jadi merasa bersalah sama anak saya, kenapa saya kurang hati-hati.
Dari pengalaman itu, saya juga perbanyak baca tentang kesehatan anak, selain
konsultasi sama dokter atau orang-orang yang tau tentang masalah kesehatan anak
or berbagi pengalaman dengan teman2 yang sama-sama ibu baru or sama-sama baru
jadi ibu.

Sharing  saya kebanyakan ya....maaf ya...dan SELAMAT IDUL FITRI buat teman-teman
yang merayakan.

Salam
Yenny

ke nomor 8811, selama 16 Okt sd. 30 Nov. 2004.
merchandise komputerakt!f bagi para peserta polling yang beruntung. Satu nomor
ponsel hanya berhak memberikan satu suara dukungan untuk tiap kategorinya.
Polling ini berlaku untuk pelanggan Telkomsel, Indosat maupun Excelcom dengan
tarif Rp 1.500.