Pak Teddy,

Efek antibiotika (AB) enggak sesederhana hanya menyebabkan gigi jadi hitam.
Efeknya lebih kompleks dari itu.

Pertama, semua obat2 pasti memiliki efek (kalau ternyata resiko yg
ditanggung dg tdk memberikan obat lbh besar, yah.. mau enggak mau). Pada
anak kecil, sebagian besar penyakit lebih disebabkan oleh virus, jadi tidak
dibutuhkan AB untuk mengobatinya. Dalam kasus anak Bapak, harus diteliti
lagi. Sakitnya apa? Mengapa diberikan AB? Kalau hanya sakit batuk, pilek,
diare...dipastikan tidak perlu AB. AB tidak menyembuhkan malah memperberat
kerja hati dan ginjal.

Kedua, pemakaian AB yg tdk bijak (saat tidak dibutuhkan) dapat menyebabkan
resisten kuman. Jadi saat kita benar2 membutuhkan pengobatan dg AB, kuman2
super (super bug) ini enggak dapat disembuhkan dg AB biasa, harus dg AB yg
lebih berat atau bahkan dg injeksi. Dan lagi super bug ini dpt menjangkiti
orang lain. Jadi jangan heran kalau ada anak yg sakit, pas dicek resisten
AB-nya ternyata sudah dosis tinggi, padahal anak tersebut enggak pernah
mengkonsumsi AB. Ternyata orangtuanya yg rajin konsumsi AB, sehingga
menularkan superbug ke anaknya.

Saran saya, Bapak bisa coba browse di Internet masalah pemberian obat secara
rasional ini. Bisa kunjungi website2 berikut:

www.iwandarmasnjah.web.id
www.mayoclinic.com
www.cdc.gov
www.aap.org