mom...saya mulai ikutan lg nich, udah lama absen ......wah sama nich dgn pengalaman anak saya, anak saya juga mulai alergi sejak 2 bulan, memang sich kalo mengingat asi itu sangat baik untuk baby, tapi kalau sudah melihat anak kita yg semakin parah keadaan nya karena asi jadi semakin ga tega. Anak saya pun begitu, muka nya merah2, bengkak dan banyak timbul bisul2 yg sangat besar di kepalanya..kasian sekali Setiap hari anaknya menangis karena sakit oleh bisul dan merah2, apalagi ketika bisul nya sudah matang dan mau pecah...uhhh sampai jerit2 nangisnya. Pdhal saya sudah usaha pantang dan sudah saya campur dgn soya tp masih tetap. Dan di lain pihak pun saya kebingungan dgn makanan yg saya makan, selama 2 bulan saya hanya mengkonsumsi sapi, tempe, tahu dan sayur. Akhirnya saya putuskan untuk stop asi  ketika itu usianya sudah 6 bulan dan hasilnya muka nya bersih dan tidak ada bisul lg. Memang stop asi bukan keputusan yg mudah tp kalau hasilnya untuk kebaikan baby..apa boleh buat....
Maaf yach kalo tidak berkenan

mama angel

-------Original Message-------

Date: 03/19/05 03:45:15
Subject: Re: [balita-anda] Tanya: Stop ASI

Terima kasih commentnya untuk Reyna, Sylvia, Afit, Pricillia dan Yenni. Sebenernya saya juga enggak mau untuk stop ASI. Saya juga sudah sempat di-ulur2 waktunya untuk stop ASI (karena saya masih mau beri ASI), dengan harapan bahwa bukan ASI penyebabnya. Mungkin juga penyebab alergy bukan karena ASI, tapi berhubung alergy-nya itu sudah parah, jadi kita coba untuk menghindari segala sesuatu yang buat alergy-nya kambuh atau tambah parah.

Anak saya mulai alergy merah2 di pipinya dari mulai umur 2 bulan sampai sekarang 7.5 bulan. Belakangan alergy-nya ini ke tangan dan kakinya juga. Sudah dikasih beberapa (banyak) salep ama dsa, dokter kulit, sempet juga ke chinese doctor, tapi tidak ada yang mempan. Belakangan alergy di muka nya itu udah terinfeksi, sampai keluar cairan dan berdarah-darah juga - membuat anaknya sudah kurang nafsu makan, rewel. Ngeliat muka-nya waktu itu, saya sempet nangis, udah seperti orang pake topeng karena pipi dan matanya sudah ketutup sama alergy-nya itu dan bengkak juga. Pas kita bawa ke allergyst, dikasih 2 salep dan oral antibiotik (walaupun saya kurang sreg juga untuk oral antibiotik-nya). Katanya alergy telor, padahal kalau dari ASI, saya sudah pantang makan macam2 - telor, ikan/seafoods, dairy. Sempet allergyst-nya bilang, kalau anak saya enggak ada kemajuan dalam waktu 24 jam, dia harus dapat perawatan khusus / masuk rumah sakit. Sempet serem juga sih... Saya tidak masuk kantor s
  elama 2
  hari untuk ngejagain dia, supaya tidak menggaruk mukanya, karena kalau tergaruk akan buat tambah parah. Mertua sampai nginep dirumah dan bela-belain enggak tidur semaleman ngejagain dia jangan sampai garuk mukanya.
Untungnya sekarang setelah 3 hari, mukanya sudah terlihat kulit asli-nya. Tapi dia sekarang hanya boleh minum susu formula khusus untuk food alergy dan hanya boleh makan rice cereal paling enggak selama seminggu, baru setelah itu pelan2 dicoba lagi makanan lainnya.
Belakangan ini memang produksi ASI juga sudah mulai berkurang, jadi dengan kejadian diatas mungkin lebih baik untuk sekalian di stop aja.

Begitulah ceritanya.......

Olivia

Reyna Miranda <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
wahhh.. mom.. hikkksss..

mungkin makanan yang dikau makan terbawa ke asi, karena itu si kecil jadi
alergi. coba deh .. inget-inget.. makan apa.. sepupuku ada yang ngga bisa
makan santan.. setiap makan santan baik itu di bikin bubur kacang ijo,
gulai, dll.. anaknya langsung merah2..
ada juga yang anaknya merah-merah karena si ibu makan telur.. tapi mereka
kok tidak keberatan ya meneruskan asinya, dan menghentikan konsumsi si
pencetus alergi?

mom.. asi itu kan haknya anak.. dijamin anak akan lebih cerdas dan daya
tahan tubuhnya akan lebih kuat menghadapi penyakit kalau minum asi. dan
kewajiban ibu adalah memberikan hak anak kan? kalo memang ada kendala besar
yang menyebabkan susu tersebut ngga baik untuk diberikan, misalnya mbak
harus menjalani pengobatan yang urgent yang pasti akan mempengaruhi kualitas
asi.. boleh di stop.. atau kalo mbak merokok atau minum alkohol yang bikin
asi juga akan jadi jelek kualitasnya.. maka daripada kita yang stop asi,
mendingan kita yang stop konsumsi alkohol dan rokoknya kan? sama dengan
kasus mbak.. kalo anaknya alergi.. maka pelajari, kira-kira apa pencetus
alerginya si kecil.. dan kita yang stop konsumsi pencetus tersebut.. bukan
asinya yang kita stop. susu formula aja dibikin sedemikian rupa supaya
mirip asi kok.. dan tetap aja mereka ngga mampu nyamain.. masa sekarang mbak
mo brenti'in kasih asi sih.. duhhh kok malah mo milih yang "asi
bo'ong-bo'ongan" sih alias formula?

ibu adopsi aja sampe bela-belain nyusuin anaknya sendiri.. masa mbak mo stop
sih.. padahal asinya masih melimpah.. duh, mbak.. orang lain sampe
nangis-nangis nyari cara supaya asi melimpah.. jangan ya mbak.. aku sih ndak
dukung.. :( .. pleaseeee.. jangan ya.. bela-belain deh kalo sama asi

maaf kalo tidak berkenan

much love,

reyna

AYO GALANG SOLIDARITAS UNTUK MEMBANTU KORBAN MUSIBAH DI ACEH & DAN SUMATERA UTARA !!!