From: Munarti [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Saturday, March 18, 2000 6:32 AM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [balita-anda] Vaksin tetanus

mBa Nancy,
Kebetulan selain ke dokter  kandungan saya juga ke bidan di klinik kantor.
Waktu ke bidan saya disuruh suntik TT, dan akan dilakukan dua kali pertama
menjelang masuk 6 bulan (5 bln lebih) dan kedua menjelang masuk 7 bulan.
Tiba waktunya kontrol ke dokter saya cerita kalau habis suntik TT, dokter
malah balik bertanya di kantor masih ada suntik TT ya ?
Kemudian dokter bercerita bahwa sebenarnya suntik TT sudah tidak diperlukan
lagi untuk kondisi kehamilan saya, dengan penjelasan (kurang lebih, agak
lupa):
1. Dari hasil penelitian ibu melahirkan di daerah Surabaya yang melahirkan
di rumah sakit peluang terkena tetanus sudah 0 %.
2. Vaksin tetanus perlu diberikan bila ibu melahirkan di rumah, atau di
tempat yang lingkungan sekitarnya diragukan kebebasannya dari penyebaran
vaksin tsb. (misalnya ditolong oleh dukun bayi).
3. Justru yang lebih penting adalah nanti bila sang bayi sudah lahir harus
divaksin secara lengkap, bukan spt jaman dulu dimana ibu hamil disuntik TT,
tapi saat bayi lahir malah vaksinnya tidak lengkap.

Tapi karena waktu itu saya sudah disuntik 1X, maka harus dilanjutkan. Saya
lupa bertanya apa akibat bila tidak dilanjutkan.
Demikian sharing saya semoga bisa menambah pengetahuan.