Dear Netters yang budiman,

Terima kasih khususnya saya sampaikan atas tanggapan posting saya terdahulu
untuk Ibu Mardhiana dan Ibu Sugiharti.

Ada baiknya mungkin kita luruskan terlebih dahulu pokok permasalahannya.

Pertama, apakah fungsi ari-ari ditinjau dari segi ilmiah. Sudah jelas dan
gamblang bahwasannya ia berfungsi sebagai penyalur sari pati makanan dari
ibu ke janin yang dikandung ibu. Jadi ia bukanlah saudara ataupun penjaga
jabang bayi kita. Karena yang menjaga bayi kita yang didalam kandungan
adalah Allah, sang Khaliq. Begitu juga setelah lahir. Kita sebagai orang
tua hanyalah pengemban amanah. Dan mudah2an dalam mengemban amanah tersebut
bisa dipertangungjawabkan di kemudian hari kelak.

Kedua, soal keyakinan bahwa ari-ari itu adalah saudara si jabang bayi, ya
monggo2 saja, lha kenyataan tidak demikian koq... gitu saja koq repot :)
(niru2 Gus Dur)

Ketiga, ditinjau dari sisi agama, khususnya agama yang saya yakini, setiap
tindakan itu didasarkan atas niat kita. Tindakan yang sama, akan berbeda di
hadapan Allah kalau niat kita berbeda. Saya menguburkan ari2 dengan niat
demi tidak termakan binatang buas, atau dengan alasan kebersihan, akan
sangat berbeda dengan niatan kita yang menyakini bahwa ari2 adalah saudara
jabang bayi kita, dan selayaknya dikubur seperti halnya manusia.

Keempat, saya sependapat, mengikuti ataupun mempertahankan tradisi itu
boleh2 dan sah2 saja. Cuma ada baiknya kita simak salah satu ayat di Kitab
Suci yang saya yakini yang berbunyi:
Dan apabila dikatakan kepada mereka:"Ikutilah apa yang telah diturunkan
Allah". Mereka menjawab:"(Tidak) tetapi kami hanya mengikuti apa yang telah
kami dapati dari (perbuatan) nenek moyang kami". "(Apakah mereka akan
mengikuti juga), walaupun nenek moyang mereka itu tidak mengetahui suatu
apapun, dan tidak mendapat petunjuk". (2:170)

Kelima, saya tidak ingin masalah ini bertele-tele dibicarakan tanpa suatu
hukum/nash yang jelas. Soal ada sebagian kita percaya ini itu, ya silakan
saja. Tapi tidak apa2 khan kalau saya tidak percaya itu. Gitu lho maksud
saya :)

Maaf lho kalau ada kata-kata yang kurang berkenan.

Salam,
Meidya Derni