Saya salut dengan Pak Yayat yang telah bersedia mengetik ulang artikel tsb utk diberikan kpd netters BA.

Terima kasih banyak.

taufan

-------Original Message-------

Date: 2001”N03ŒŽ15“ú 16:58:50
Subject: [balita-anda] Artikel Bagaimana Mengajar Bayi Anda MEmbaca

Berhubung banyak netters yang berminat artiket cara mengajarkan membaca ,
berikut saya copycan artikel tsb (semoga bisa terbaca)...

Bagaimana
Mengajar Anak Anda Membaca

Berdasarkan Teori Glenn Doman

BAGAIMANA MENGAJAR BAYI ANDA MEMBACA

Dua faktor yang sangat penting dalam mengajar anak

1. Sikap dan pendekatan orangtua
Syarat terpenting adalah bahwa diantara orang tua dan anak harus ada
pendekatan yang menyenangkan, karena belajar membaca merupakan permainan
yang bagus sekali.

Belajar adalah
a. Pahala bukan hukuman
b. Permainan yang paling menggairahkan bukan bekeja
> c. Bersenang-senang bukan bersusah payah
d. Suatu kehormatan, bukan sesuatu yang hina

Hal penting kedua adalah membatasi waktu untuk melakukan permainan
ini sehingga betul-betul singkat. Hentikan permainan itu sebelum anak itu
sendiri ingin menghentikannya.

2. Bahan yang sesuai
a. Bahan-bahan dibuat dari kertas karton putih yang agak kaku
(karton poster)
b. Kata-kata yang dipakai ditulis dengan spidol besar
> c. Tulisannya harus rapi dan jelas dan model hurufnya sederhana
dan konsisten
d. Sisakan +/- 1,25 cm di sekeliling kartu

TAHAP-TAHAP MENGAJAR

* TAHAP PERTAMA
(Perbedan Penglihatan)

a. Ukuran karton 15 cm tinggi dan 60 cm panjang
b. Ukuran huruf 12.5 cm tinggi dan 10 cm lebar, serta tiap huruf
berjarak kira-kira 1,25 cm
c. Huruf berwarna merah
d. Gunakan huruf kecil (bukan kapital)
e. Buatlah hanya 15 kata yaitu IBU (MAMA/MAMI/BUNDA),
BAPAK(PAPA/PAPI/AYAH), dst
Ke 15 kata-kata pertama harus terdiri dari kata-kata yang paling
dikenal dan paling dekat dengan lingkungannya, yaitu nama-nama anggota
keluarga, binatang peliharaan, makanan kesukaan, benda-benda di dalam rumah
dan perbuatan yang disukai
f. Dilakukan pada saat anak merasa tenang dan suasana hati yang baik
g. Gunakan bagian rumah yang paling sedikit terdapat benda-benda yang
dapat mengalihkan perhatian (baik pendengaran maupun penglihatan)

HARI PERTAMA

1. Tunjukkan kartu bertuliskan 'ibu' (jaga jangan sampai dijangkau)
2. Katakan dengan jelas 'ini bacaannya ibu'
3. Jangan jelaskan apa-apa
4. Biarkan dia melihatnya tidak lebih dari 1 detik
5. Tunjukkn 4 kartu lainnya dengan cara yang sama
6. Jangan suruh anak mengulang apa yang anda ucapkan
7. Setelah kata ke 5, peluk, cium dengan hangat dan tunjukkan kasih
sayang dengan cara yang menyolok
8. Ulangi 3 kali dengan jarak paling sedikit satu setengah jam

HARI KEDUA

1. ulangi pelajaran dasar hari pertama tiga kali
2. tambahkan 5 kata baru yang harus diperlihatkan 3 kali sepanjang hari
kedua. Jadi ada 6 pelajaran
3. jangan lupa untuk menunjukkan rasa bangga anda
4. jangan test sebelum waktunya
a. Anak-anak tidak suka test (seperti orang dewasa)
> b. Test kebalikan dari belajar, penuh ketegangan
c. Makin sering ditest makin lambat belajarnya dan makin malas
> d. Test harus dilakukan setelah anak secara sukarela
menunjukkan

HARI KETIGA

1. Lakukan seperti hari kedua
2. Tambahkan 5 kata baru seperti hari kedua sehingga menjadi 9
pelajaran

Hari keempat, kelima dan keenam ulangi seperti hari ketiga tanpa menambahkan
kata-kata baru

Hari ketujuh beri kesempatan pada anak untuk memperlihatkan kemajuannya
1. Pilih kata kesukaannya
2. Tunjukkan kepadanya dan ucapkan dengan jelas, 'Ini apa ?'
3. Hitung dalam hati satu sampai ssepuluh
> a. Jika anak anda mengucapkan, pasti anda gembira dan tunjukkan
b. Jika anak anda tidak memberi jawaban atau salah, katakan
dengan gembira apa bunyi kata itu dan teruskan pelajaran

ANCAMAN

Kebosanan adalah satu-satunya ancaman. Jangan sampai anak menjadi bosan
'mengajarnya terlalu lambat akan lebih cepat membuatnya bosan daripada
mengajarnya terlalu cepat'

pada tahap pertama ini dua hal luar biasa telah anda lakukan
1. Dia sudah melatih indera penglihatannya, dan yang lebih penting :
dia telah melatih otaknya cukup baik unuk membedakan bentuk tulisan satu
dengan yang lainnya
2. Dia sudah menguasai salah satu bentuk abstraksi yang paling luar
biasa dalam hidupnya : dia dapat membaca kata-kata. Hanya ada satu lagi
abstraksi besar harus dikuasainya, yaitu huruf-huruf dalam abjad

* TAHAP KEDUA
(KATA-KATA 'DIRI')
a. Ukuran karton 12,5 cm tinggi dan 60 cm panjang
b. Ukuran huruf 10 cm tinggi dan 7,5 cm lebar dengan jarak 1 cm
c. Huruf dan warna seperti tahap pertama
d. Buat 20 kata-kata tentang dirinya

tangan kaki gigi jari kuku
lutut mata perut lidah pipi
kuping dagu dada leher paha
siku hidung jempol rambut bibir

e. Dari 3 kelompok kata masing-masing 5 kata ditahap awal, ambil
masing-masing 1 kata lama dan tambahkan dengan 1 kata baru di tahap kedua
f. Dari 20 kata baru pada tahap kedua ambil 10 kata dan jadikan 2
kelompok kata masing-masing 5 kata
g. Jadi sekarang anda memiliki :
* 3 kelompok kata dari tahap pertama yang sudah ditambah kata-kata
baru
* 2 kelompok kata baru dari tahap kedua
* total 5 kelompok kata = 25 kata
h. lakukan seperti tahap pertama
i. setelah 5 hari ganti 1 kata dari masing-masing kelompok dengan kata
baru sehingga anak mempelajari 5 kata baru
j. Setelah itu setiap hari ganti 1 kata lama dari masing-masing
kelompok dengan 1 kata baru. Dengan demikian setiap hari anak belajar 5 kata
baru masing-masing satu dalam setiap kelompok kata dan 5 kata lama diambil
setiap harinya

TIPS
1. Usahakan jangan ada 2 kata yang dimulai dengan huruf yang sama
secara berurutan, misalnya lidah dengan lutut
2. Anak-anak usia 6 bulan sudah bisa diajarkan. Lakukan dengan cara
yang persis sama kalau anda mengajarnya berbicara. Perbedaannya ada ditest
yaitu anak tidak bisa mengucapkan kata yang dimaksud
3. Ingat, membaca bukan berbicara
4. Usaha mengajar bayi membaca dapat mempercepat berbicara dan
memperluas perbendaharaan kata

* TAHAP KETIGA
(Kata-kata 'RUMAH')

a. Ukuran karton 7 ½ cm tinggi dan 30 cm panjang
b. Ukuran huruf 5 cm tinggi dan 3 ½ cm lebar dengan jarak yang lebih
dekat
c. Huruf dan warna seperti tahp kedua
d. Terdiri dari nama-nama benda sekeliling anak serta lebih dari 2 suku
kata misalnya: kursi, meja, dinding, lampu, tangga, jendela, dll
e. Gunakan cara pada tahap kedua dengan setiap hari menambah 5 kata
baru dari tahap ketiga
f. Setelah kata benda, masukkan kata benda milik, misalnya : piring,
gelas, topi, baju, bola, jeruk, celana, sepatu, dll
g. Setelah itu masukkan kata perbuatan, misalnya duduk, berdiri,
tertawa, melompat, membaca, dll
h. Pada tahap kata perbuatan, agar lebih menarik, sambil menunjukkan
kata tersebut, anda praktekkan sambil katakan 'Ibu melompat', 'Retno
melompat'

* TAHAP KEEMPAT
a. Ukuran kartu 7 ½ cm tinggi dan +/- 30-45 cm panjang
b. Ukuran huruf 5 cm
c. Huruf kecil, warna hitam
d. Tunjukkan kata demi kata seperti tahap sebelumnya, lalu gabungkan
misalnya kata 'ini' dan kata 'bola' menjadi 'ini bola'
e. Lakukan beberapa kata beberapa kali setiap hari

* TAHAP KE LIMA
(susunan kata dalam kalimat)

a. Pilihlah buku sederhana dengan syarat
* Perbendaharaan kata tidak lebih dari 150 kata
* Jumlah kata dalam satu halaman tidak lebih dari 15-20 kata
* Tinggi huruf tidak kurang dari 6,25 mm
* Sedapat mungkin teks dan gambar terpisah
Carilah yang mendekati persyaratan tersebut

b. Salinlah kata-kata dalam setiap halaman ke dalam
* Satu kartu berukuran kira-kira ukuran kertas kwarto
* Huruf hitam
* Ukuran huruf tinggi 2 ½ cm

c. Setiap halaman satu kartu sehingga sejumlah halaman yang ada di buku
(point a) sejumlah kartu yang harus tersedia
d. Bacakan kartu demi kartu sehingga anak belajar kalimat demi kalimat
e. Bacakan dengan ekspresi sesuai didalam kalimat
f. Lakukan secara rutin min. 5 kartu sebanyak 3 kali sehari selama lima
hari
g. Ketika membaca kartu baru pada hari lainnya , kartu yang lama
disimpan. Setelah selesai kartu-kartu dibaca disimpan berurutan di dalam
sebuah map atau dibinding seperti buku.
h. Pada saat selesai 1 buku berikan ijazah yang ditandatangani ibu,
yang menyaratkan bahwa pada hari ini, pada usia anak sekian, telah selesai

* TAHAP KEENAM

Pada tahap ini anak sudah siap membaca buku yang sebenarnya, karena
dia sudah dua kali melakukan hal itu. Pertama kata demi kata dari buku
tersebut, kemudian halaman. Sekarang anak diajak untuk membaca susunan kata
dan kalimat yang sudah dikenalnya dalam bentuk cetakan dengan huruf kecil,
hitam yang ukurannya hanya 6 mm
Perbedaan ukuran huruf dari 5 cm (tahap IV); 2,5 cm (tahap V) dan
0,6 cm (tahap VI) adalah sangat berarti khususnya bagi anak yang masih
sangat muda, karena itu juga berarti anda membantu mendewasakan dan
memperbaiki indera penglihatannnya.

* KUNCI KEBERHASILAN
1. Jangan membosankan anak
2. Jangan memaksakan anak
3. Jangan tegang
4. Jangan mengajarkan abjad terlebih dahulu
5. Bergembiralah
6. Jawablah semua pertanyaan anak
7. Berilah bahan bacaan yang bermutu

* PENUTUP

Pada dasarnya anak memiliki kemampuan yang luar biasa, khususnya pada usia
semakin kecil. Hanya memerlukan perhatian, kemauan, ketekunan serta yang
utama kasih sayang orang tua untuk membuatnya mampu mengeluarkan potensinya
yang luar biasa tersbut

Kalau kita urutkan kembali , kira-kira inilah keinginan setiap orang tua
pada umumnya
1. Menginginkan anak-anak mereka bahagia di dalam hidupnya dengan
menjadikan anak-anak mereka tangguh dan siap bersaing
2. Untuk itu dibutuhkan anak-anak yang cerdas baik rasional maupun
emosional serta rasa ingin tahu yang besar
3. Anak-anak dapat memiliki rasa ingin tahu yang besar tercetus dalam
banyaknya pertanyaan yang dikeluarkan
4. Untuk memuaskan rasa ingin tahunya anak harus suka membaca
5. Agar mereka suka membaca dibutuhkan kemampuannya membaca dan sarana
untuk membaca yang tidak lepas dari buku

Jadi dengan buku yang katanya adalah 'Jendela Ilmu' anak-anak akan mampu
membuka cakrawala kehidupan masa depannya dengan keceriaan.

SELAMAT BEKARYA UNTUK ANAK-ANAK TERCINTA

DISCLAIMER :
The information contained in this communication is intended solely for the use of the individual or entity to whom it is addressed and others authorized to receive it. It may contain confidential or legally privileged information. If you are not the intended recipient you are hereby notified that any disclosure, copying, distribution or taking any action in reliance on the contents of this information is strictly prohibited and may be unlawful. Unless otherwise specifically stated by the sender, any documents or views presented are solely those of the sender and do not constitute official documents or views of The Indonesian Bank Restructuring Agency (IBRA).
If you have received this communication in error, please notify us immediately by responding to this email and then delete it from your system. IBRA is neither liable for the proper and complete transmission of the information contained in this communication nor for any delay in its receipt.