Dear Mbak Yanti,
Ini pengalaman ibu saya waktu menangani saya yang dulu stuip sampai 2
kali dan di dukung oleh informasi dari dsa saya sekarang. Bagi yang
punya bayi atau batita dirumah harus selalu tersedia alkohol 70% 2 atau
3 botol. Pertolongan pertama bagi anak yang stuip adalah dengan
menggunakan alkohol 70% itu. Waktu stuip menyerang dan anak menjadi
"merah" atau "menggigil" maka pertolongannya adalah sbb :

1.      JANGAN PANIK
2.      Ambil sendok besar atau sedang (tergantung mulut si anak) lilit
dengan kain bersih dan selipkan di mulutnya. Hal ini untuk menghindari
anak menggigit lidahnya sendiri, merontokkan giginya  sendiri atau
mengatupkan mulutnya sangat rapat karena menahan stuip. Kalau suhu badan
turun salah satu tandanya adalah mulut anak yang menggigit atau terkatup
akan terbuka pelan-pelan
3.      Buka baju nya dan balurkan alkohol 70% ke seluruh badan (
termasuk punggung, kaki, leher, tangan) kecuali bagian kelaminnya
tentunya ya bu.
4.      Kompres kepala si anak juga dengan alkohol tersebut.
5.      Setelah dibalur alkohol jangan membungkus anak dengan selimut
atau baju hangat dan diberi kaos kaki segala. Biarkan anak memakai baju
kaos biasa dan celana pendek.
6.      Ukur terus suhu tubuhnya selama masa pertolongan pertama di atas
dilakukan
7.      Segera bawa ke dokter terdekat.

Dulu, waktu saya stuip ibu saya sampai terpaksa memasukkan tangannya
kedalam mulut saya dan terluka. Setelah stuip yang ke 2 kali DSA saya
waktu itu (sekarang sudah wafat) langsung melakukan biopsi kepada saya.
Menurut ibu saya ada alat dimasukkan melalui punggung untuk mengambil
cairan dari situ.

Hati-hati kalau sampai 3 kali stuip menurut dsa saya sekarang, hal itu
bisa menyebabkan gangguan mental anak.

Semoga membantu ya bu.

Regards,
Ibunya zahra]