From: Dini Mardiati [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Wednesday, April 10, 2002 3:09 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [balita-anda] Info Donk

Halo mbak ...
Petunjuk bagi ortu yang anaknya pernah kejang karena panas tinggi :
1. Pengukuran suhu tubuh (terutama pada balita) paling akurat adalah
mengukur dengan memasukkan termometer pada dubur. Dianjurkan dengan
termometer digital yang berbunyi. Ketepatan pengukuran suhu tubuh sangat
penting karena berkaitan dengan pemakaian obat !
2. Saat suhu tubuh  38,5° C berikan Diazepam (resep dokter)
3. 20 menit kemudian berikan Parasetamol.
4. Bila suhu badan tetap tinggi, 6 jam kemudian berikan lagi Parasetamol,
sementara Diazepam diberikan tiap 12 jam sekali.
5. Kompres dengan air dingin / alkohol di sela ketiak, selangkangan kaki,
belakang leher.
6. Jaga agar kaki tetap hangat.
7. Usahakan agar anak banyak minum.
8. Bawa ke dokter bila anak kejang, karena dalam 80 jam kondisi rawan
terjadi kejang ulang. Di Berlin, umumnya anak masuk rawat RS 3-4 hari agar
tetap terobservasi.
9. Umumnya bila anak sudah 2 x kejang perlu direkam gelombang otaknya (EEG).
10. Ciri khas anak yang berbakat kejang karena demam :
kenaikan suhu tubuhnya begitu cepat (dari suhu normal  - dalam 2 jam bisa
mencapai 40° C)
11. Penanganan yang cepat dan tepat (tidak boleh panik - sediakan obat
ditempat yang tetap dan mudah dijangkau)
amat penting. Usahakan kejang tidak terjadi lebih dari 5 menit !