Mbak Dewi,
Seminggu lalu aku menyapih anakku dari ASI (karena tgl 15 Mei ini dia sudah
2 tahun). Pada 3 hari sebelum hari 'H', aku terus bilang ke dia : bahwa
Kakak Nafisa sudah tidak boleh mimik ASI lagi, ASInya untuk adiknya nanti
(meskipun adiknya belum ada, tapi aku biasakan panggil dia kakak dan anakku
baru satu dia). Pada hari H-nya, seperti biasa menjelang tidur malam, dia
minta mimik ASI dan aku tetep sodorin (setelah sebelumnya aku olesin minyak
telon dikit di puting dan sekitarnya). Alhamdulillah dia tidak nangis, tapi
dengan mimik lucu sambil ngernyit dia bilang : "...mik ASI nya pahiit
ma....!!" sambil setengah nggak percaya dia coba lagi, dan dia kembali
bilang : ..pahiiittt !!.. ma Nafisa minta mimik air putih aja...!" katanya
dengan wajah terlihat agak kecewa....
Duuuh.. justru dengan tidak ada tangisnya itu, yang membuat saya jadi malah
ingin menangis.... apalagi pada dasarnya saya sebetulnya nggak tega (dia
seneeeeng banget sama ASI, meskipun dia diberi juga susu
pendamping/formula). Bahkan pada waktu tengah malam, dia kayak ngigau
bilang : "Mik ASInya pahiit....buat adik aja...!!"

Dari peristiwa itu Saya hanya berpikir, mungkin dia bisa mengerti karena
penjelasan kita/sudah kita beri informasi lebih dulu sebelumnya, sehingga
pada hari H nya dia sudah paham kalau harus distop minum ASI nya.

Mamanya Nafisa