Jumpa lagi...

Menarik sekali diskusi ini ya...

BENAR SEKALI apa yg disampaikan oleh Ibu Dini.
Kita sbg orgtua harus berhati-hati dalam mendidik anak kita,
jangan sampai ambisi orgtua menjadi yg utama.

Banyak sekali manfaat yg akan diambil oleh anak jika
dia bisa membaca/berhitung sejak dini. Tetapi, jika
tujuannya utk kebanggaan orgtua saja, ygmana anak
menjadi tertekan, maka SEGERA HENTIKAN sekarang
juga. Kalau ini yg terjadi, maka kebanggaan orgtua
itu akan segera berakhir, dan sebentar lagi akan
menemui seorang anak yg sangat bermasalah.

Seperti kata Ibu Dini juga, banyak ahli pendidikan di Jepang
mengatakan bahwa sistem pendidikan di Jepang hanya
mengejar ilmu saja dan menyebabkan stress murid2.

Utk itulah saat ini kurikulum pendidikan di Jepang mulai
dirubah dg beban pelajaran yg diturunkan.
Mereka sudah mulai melakukan reformasi thd
sistem pendidikannya.

Oleh sebab itulah pendidikan usia dini di Jepang utk
pengembangan OTAK KANAN semakin populer
krn sistem pendidikan mulai SD di Jepang dan juga
hampir seluruh dunia lebih menekankan kpd OTAK
KIRI yg mana anak harus mengikuti logika2, kemampuan
analisa, dll. di pelajarannya.

Seperti kata Ibu Dini juga, tidak hanya IQ yg dikejar,
tetapi juga EQ. Nah... EQ ini akan berkembang
lebih baik jika otak kanan berkembang dg baik.

Kata Ibu Dini, perkembangan otak kanan dan kiri harus balance.
Apa yg terjadi sekarang ?  Semua sistem pendidikan
HANYA mengejar kemampuan otak kiri.
Perkembangan otak kanan seakan2 berhenti begitu
anak masuk SD.

Seperti kata Shichida, inti dari pengembangan otak kanan
adalah KASIH SAYANG !
Ini yg paling ditekankan. Tanpa adanya kasih sayang yg
saling dirasakan antara anak dan orgtua, maka metode
apapun tidak akan berhasil.

Yg perlu selalu diingat adalah jika kita SEDANG
membicarakan masalah kecerdasan, BUKAN berarti
bahwa HANYA kecerdasan dalam hal bisa membaca
atau menghitung saja yg setiap hari kita ajarkan ke anak
kita.

Jangan sampai dalam diskusi masalah flashcards/dotcards, dsb.
itu kita SALAH MENERIMA seakan2 kegiatan anak2 kita
sehari-hari cuma itu terus.
Tentu saja masalah mandiri, percaya diri, kemampuan motorik halus, dsb.
tetap harus diperhatikan dg baik.

Jika anak mau belajar membaca dg senang hati, dia tidak akan
merasakan berat thd hal tsb. Justru, rasa percaya diri anak
meningkat pesat.
Sekali lagi.... yg penting JANGAN DIPAKSA !
Anak saya Rihan, 2-3 hari yll sama sekali tidak mau
bermain dg flash card. Ya sudah.... saya biarkan saja.
Hari ini dia tiba2 minta mainan flashcard lagi, tapi
yg bahasa inggris. Dotcards-nya juga lagi bosen kayaknya.
Sedangkan adiknya, Afi, masih tetap mau, dan justru
dia yg minta. Saya ikuti juga maunya.

Tapi bukan berarti hanya itu saja kegiatan mereka di rumah.
Banyak sekali kegiatannya/mainannya yg selalu bergantian,
termasuk pingin nonton TV acara anak2.
Hari ini di 'sekolah'-nya, Rihan dan Afi bermain kejar-kejaran,
bermain pasir sampai baju, badan dan rambutnya penuh dg pasir.
Jadi tidak hanya bermain flashcard/dotcard dari pagi sampai
malam.

Janganlah kita hanya melihat apa yg sedang didiskusikan
kali ini seakan2 hanya itu yg sedang dilakukan,
dan melupakan kegiatan lain yg juga diperlukan anak.
'Anak yg cerdas sekali' TIDAK MUNGKIN dicetak hanya
dg flashcards/dotcards ataupun metode2 dari Jepang, USA,
dll.

Anak cerdas dididik dg dasar utama kasih sayang, yaitu
kemauan dan kemampuan orgtua utk menerima apa adanya
dari segala yg dimiliki oleh anak, dan tidak menuntut
diluar keinginan dan kemampuan anak.

Sekian dulu.

salam,

Taufan
PS.
Ngomong2, sampai sekarang saya kok tidak tahu
dg jelas apa sih arti kata "quo vadis" itu ?
Mohon penjelasannya ya.. bagi yg tahu :)