Pak Tonski,

Betul kata mbak Siti ini.
Output masalah yang sekarang itu adalah salah satu jenis report yang mudah
disusun dengan sumber data berkaidah database.
Yang Anda anggap sebagai Master (sampai dikasih nama Master loh sumber
datanya), yang Anda anggap sebagai sumber data, sejatinya adalah salah satu
bentuk report juga.

Kedua sheet yang ada dalam lampiran Bapak, mudah disusun dari 1 sumber data
(Master Data Hampir Beneran) yang mengikuti kaidah database.

Hampir seluruh masalah Anda yang pernah masuk ke milis, lebih disebabkan
karena selalu memproses sepenuhnya dari report sebelumnya untuk mendapatkan
bentukan report yang baru.

Untuk sumber data, sebaiknya menggunakan kaidah database atau yang agak
mirip dikitlah. Report disusun sesuai request. Kadangkala untuk beberapa
report, membutuhkan pula tabel turunan dari data sumber yang sudah berkaidah
database.
Jadi akan terlihat alur Data Source -> Proses -> Output

Regards.
Kid.

2011/4/11 STDEV(i) <setiyowati.d...@gmail.com>

> apa yg diminta oleh pak BOSS tidak harus dipenuhi dengan
> *SUMBER DATANYA berbentuk seperti yg pak Boss peritahkan*
> *
> *SUMBERDATA (database yg akan dibangun berkelanjutan) tetap dapat dibuat
> dengan kaidah database seperti saran Mr Kid..
> dan kepada PakBos ... disajikan REPORT yg dengan mudah dapat dibuat
> berdasarkan database yang KOKOH dan KUKUH itu tadi ??
>
> Kira kira begitu kan ya Pak Kid ??

> nya ya..
> Bos..
> ada kondisi

> [...]