sayangnya di sini bukan tempat berguru, disini tempat belajar-excel bersama
 :)

*GAMPANG... masalahnya tidak terlalu sulit... *
stop pressss
kalimat senada dengan ini sering kita pakai sbg pembuka jawaban.
ternyata, seperti kita sudah duga, ada beberapa teman yg kirim japri
protest!
*"baru bisa gitu aja kok sudah sombong; ich sebell dich..!!"*

wah ini salah tangkap, walaupun mungkin sepertinya benar
kalimat spt itu SENGAJA dituliskan dengan maksud "nan suci lagi mulia"
yaitu memberi sugesti kepada teman2 bahwa berExcel itu tidak sulit,
dan menyenangkan !
' begitu lhooo... maksudnya
tapi misalnya dinilai sombong, ya memang sudah terlanjur dari kecil
berMOTTO:
"biar miskin dan mrongos dikit, tapi asal sombong !!  (lhoo?! gak nyabung
yo rèk..)

Tahap 1
semua sub_item di dalam TabelAwal (D12:R12) dikonversi menjadi ItemUtama
(Class_Item) nya
dengan ARRAY formula:
=IFERROR(INDEX($C$2:$C$8,MATCH($D$12:$R$12,$B$2:$B$8,0)),"")

Tahap 2
berdasarkan hasil formula tsb,  dapat diGABUNG beberapa subItem >> dianggap
1 class_item
dengan ARRAY Formula
=MAX(IF(FormulaKonversi=W$12,$D14:$R14))

*ARRAY FORMULA, ya*
jangan ada klaim lagi : "kok setelah saya tulis hasinya salah !!"
Array formula harus ditulis dengan *cara khusus.*..
(lihat resepnya di sini :
atau di sini:
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/belajar-excel-Melihat-data-pelanggan-tt5116011.html#a5116735
(tanggapan no.4)