Hai Rian,

Buat tabel kecil di cells lain, misal :
X1 berisi bunyi 'Keterangan' dan Y1 berisi text berbunyi 'Persentase'
X2 bernilai text 'PPN Pasal 23' dan Y2 diketik 5% lalu ENTER untuk rujukan
persen kolom B yang membutuhkan 5%
X3 brenilai text 'PPH' dan Y3 diketik 10% lalu ENTER untuk rujukan persen
kolom C yang membutuhkan 10%

Formula di B3 (butuh persentase 5% di Y2) :
=$y$2 * $a$2

Formula di C3 (butuh persentase 10% di Y3) :
=$y$3 * $a$2

Copy formula B3 dan C3 ke baris lainnya.

Repot ya kalau membuat tabel kecil seperti di atas ?

Tabel kecil lebih aman dibanding mengekstrak langsung dari teks di B2 atau
C2.
B2 atau C2 bisa berisi teks persentase yang tidak sesuai dengan regional
setempat, sehingga bisa menghasilkan error value.
Contoh :
1. ada komputer user ber-regional setting English. Di D2 berisi teks 'Pajak
Gak Jelas 1,5%' (1,5% pakai koma dan bukan titik). Jika mengekstrak teks
1,5% di regional setting English, akan menghasilkan error value bernilai
#VALUE!
regional Indonesian.

2. ada komputer user ber-regional setting Indonesian. Di D2 berisi teks
'Pajak Gak Jelas 1,5%' (1,5% pakai koma dan bukan titik). Jika mengekstrak
teks 1,5% di regional setting Indonesian, akan menghasilkan nilai yang
benar. Begitu komputer diubah menjadi beregional setting English (misal
file di save lalu dibawa ke komputer lain yang ber-regional setting English
atau diganti manual di control panel), maka hasilnya akan berubah menjadi
error value.

Belum lagi kalau di B2, atau C2 diakhiri dengan spasi atau ada yang
meletakkan spasi diantara tanda % dengan nilai persen

imho,
repotnya membuat tabel kecil tidak akan serepot menanggapi komplain user
yang kurang mengerti dampak regional setting di Excel.

btw,
Kalau memang ingin langsung mengekstrak dari teks di B2 atau C2, bagian
penghasil nilai persen untuk formula di atas bisa diganti dengan formula
berikut : (sesuaikan dengan keadaan setempat) <misal teks di B2>
1. *tidak ada* spasi setelah teks di B2, *tidak ada* spasi sebelum tanda %,
tanda desimal sesuai regional setting komputer setempat
      =right( substitute( b2 , " " , rept( " " , 9 ) ) , 9 )

2. *ada *spasi setelah teks di B2, tidak ada spasi sebelum tanda %, tanda
desimal sesuai regional setting komputer setempat, nilai persen tidak
pernah blank (seperti blabla 10% dan tidak pernah blabla % <tanpa angka
langsung ada tanda persen>)
      =right( substitute( trim( b2 ) , " " , rept( " " , 9 ) ) , 9 )

3. *ada/**tidak ada* spasi setelah teks di B2, *ada* spasi sebelum tanda %,
tanda desimal sesuai regional setting komputer setempat, nilai persen tidak
pernah blank (seperti blabla 10% dan tidak pernah blabla % <tanpa angka
langsung ada tanda persen>)
     =right( substitute( trim( substitute( b2 , "%" , "" ) ) & "%" , " " ,
rept( " " , 9 ) ) , 9 )

3. *ada/**tidak ada* spasi setelah teks di B2, *ada**/tidak ada* spasi
sebelum tanda %, tanda desimal *tidak pasti sesuai* regional setting
komputer setempat, nilai persen tidak pernah blank (seperti blabla 10% dan
tidak pernah blabla % <tanpa angka langsung ada tanda persen>)
     =substitute( substitute( right( substitute( trim( substitute( b2 , "%"
, "" ) ) & "%" , " " , rept( " " , 9 ) ) , 9 ) , "," , *mid(
text(3/2,"general" ) ,2 ,1 )* ) , "." , *mid( text(3/2,"general" ) ,2 ,1 ) *
)

Kondisi selain tersebut di atas perlu penambahan proses untuk mendapatkan
suatu nilai numerik agar membentuk suatu nilai persentase yang benar.

[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

> Terimakasih Mr. Kid jawabannya, namun bila berkenan yang saya maksud rumus
> otomatis yang mengambil karakter 5%, 10% 1,5% tsb agar bisa berfungsi bagi
> banyaknya nilai pajak yang bervariasi.
> Misalkan: di cell B2 tertulis "PPN Pasal 23 5%"
> dan di cell C2 tertulis "PPH 10%"
>
> Mohon pencerahannya lagi
>

> Dikirim dari ponsel cerdas Samsung Galaxy saya.

  • HAL: Re: [belajar-excel... Rian Sutarsa riansuta...@yahoo.com [belajar-excel]
    • Re: HAL: Re: [bela... 'Mr. Kid' mr.nm...@gmail.com [belajar-excel]

Kirim email ke