Hai Heru,
Excel (dengan atau tanpa macro) selalu dibuka dengan nama Sheet yang terakhir
kali disimpan, kecuali dibuatkan Macro (Even Workbook_open) yang meminta
komputer agar selalu membuka file dengan menampilkan Sheet1 untuk pertama kali.
Sheet1 adalah nama file, bisa berupa CodeName atau Name. CodeName adalah nama
dari sononya sedangkan Name (yang tampak pada Sheet Tab) dapat kita gonta
ganti.Tampilan di VBE Sheet adalah CodeName(Name) dan jika dilihat pada
propertynya CodeName selalu napak pada bagian atas dan Sheet (Tab) Name tampak
pada bagian bawah spt gambar berikut ini:

Agar pada saat Workbbook dibuka selalu tampil dengan Sheet terdepan (CodeName =
Sheet1) maka pada VBE Sheet ThisWorkbook dibuat macro :Private Sub
Workbook_Open() 'ini adalah Even Workbook Open
    Sheet1.Activate
End Sub

lalu disave sebagai Macro Enabled (.xlsm) atau Binary (.xlsb) untuk Excel 2007
ke atas atau .xls untuk macro 2003 dan sebelumnya.
Semoga penjelasan ini bisa memperjelas apa yang belum jelas.
Salam,HK

On Tuesday, August 8, 2017, 11:26:40 AM GMT+7, heru mulyono