Dear Heru,

Jika hanya dituliskan Cekrip pada workbook_open akan ada kejadian berikut ini:

Saya berada pada sheet3, file saya simpan, kemudian file saya tutup.
Jika file tersebut saya buka di komputer yang macronya tidak dihidupkan, maka file tersebut akan terbuka di sheet3.

Untuk mengatasi masalah ini tambahkan cekrip di workbook_beforeClose dengan perintah untuk mengaktifkan sheet1 atau kalau memang selalau dibutuhkan macro aktif, perintahkan untuk membuka sebuah sheet yang berisi tentang "perintah untuk mengaktifkan macro"

Salam