Hai Amsar,

Berapa anggaran dana untuk membuatnya ?

hehehe...
;)

gini...
1. Anda buat 3 sheet, yaitu :
    a. Referensi
    b. Data
    c. Contoh sebuah output dari sekian ratus bentuk output yang diinginkan

2. Di sheet referensi, buat tabel-tabel referensi berikut : (pastikan antar
tabel referensi dipisah oleh minimal 1 atau 2 kolom kosong)
    a. Daftar Nama
    b. Referensi pengali data (minimal 2 kolom, kolom ke-1 berisi nama
kolom data [seperti data 1, data 2, dsb] dan kolom ke-2 adalah nilai
pengali [dalam persen])
    c. Referensi kelompok nilai (minimal 3 kolom, yaitu batas bawah, batas
atas, nama kelompok [misal kualitatif baik sedang cukup dsb])

3. Di sheet data, buat tabel penyimpan data, bisa salah satu dari 2 model
berikut strukturnya :
    Model 1 : berisi kolom Nama (kode nama lebih baik), jenis data (isinya
bunyi data 1, data 2, dsb), Nilai Data (nilai sesuai jenis data)
    Model 2 : berisi kolom Nama (kode nama lebih baik), nilai data 1, nilai
data 2, dst
    Semua tabel data mengikuti kaidah tabel database. Minimal, tidak ada
merge cells, tidak ada baris kosong, header 1 baris sajah di baris 1, tidak
ada kolom kosong
    *** bila perlu, jadikan tabel data menjadi sebuah Excel Table, dan
boleh berisi formula (misal mau di tambah kolom persentase dengan formula),
    *** kalau pakai Excel table, cukup 1 baris sajah record kosongnya
(karena belum ada data) [jangan diperluas area tabelnya]

4. di sheet contoh output, buat tabel output paling mudah sebagai contoh
pengambilan data. Coba susun dengan formula di sheet output tersebut.

5. Tentang area input oleh user :
     a. Jika ingin input data secara batch (pakai copy paste banyak record
sekaligus), gunakan worksheet sebagai media input oleh user. Buat susunan
tabel inputnya seperti tabel data.
     b. Jika ingin inputnya satu per satu record dengan user form, buat lah
bentuk userform yang Anda sukai lebih dulu
     c. Jika inputnya satu per satu record dan mau pakai built in form,
langsung pakai tabel data saja

Kalau semua nomor 1 sampai 5 sudah punya, baru Anda bertanya seperti ini :

> [...]
> Akan tetapi sudah dirankingkan.
>
> 4.       Sesuai dengan perintah no.3 akan tetapi nilai rekomendasi
> minimal bernilai 50 yang masuk dalam perangkingan, jika tidak 50 hasil
> rekomendasinya maka data tidak disertakan dalam perangkingan.
>
> 5.       Sesuai dengan perintah no.4 jika data dengan nilai 50 sudah
> masuk makan jika diambil 10 besar perangkingan bagaimana menampilkan
> datanya? Sehingga output file baru berupa data yang sudah dirangkingkan dan
> dibatasi 10 rangking dengan data 50.
>
> 6.       bagaimana melihat bentuk source code-nya dari desain form-form

Karena pertanyaan Anda di atas semuanya dibuat setelah Anda memiliki
pemahaman tentang cara menyusun data yang baik dan sesuai untuk pengolahan
data. Bukan dengan data yang masih bercampur bahwa tabel input langsung
jadi tempat mengolah data, tempat menyimpan data, dan juga sebagai output
yang indah buat user.

Ok... segitu dulu sajah ya...
met memulai...

Regards,

<belajar-excel@yahoogroups.com>:

> [...]
> yang sudah dirancang?
>
> Atas bantuannya saya ucapkan terimakasih!

  • [belaj... amsar sar moch_am...@yahoo.co.id [belajar-excel]
    • R... 'Dede Sulaeman' dede_sulae...@pinusmerahabadi.co.id [belajar-excel]
    • R... 'Mr. Kid' mr.nm...@gmail.com [belajar-excel]

Kirim email ke