Hai Riri,

Excel tidak kenal dengan data Anda, jadi sebaiknya, disediakan saja daftar
kecamatan se-indonesia, beserta kabupaten kota se-indonesia.
Lalu datanya di-split (dipecah) menjadi beberapa kolom, seperti kolom
alamat, kelurahan, kecamatan, kab kota, provinsi, mungkin butuh kolom rt rw
juga kali ya, atau dusun gitu (atur saja deh).
Supaya bisa memecah data, perlu tanda-tanda khusus yang diketahui.
Tanda-tanda ini perlu dicari dan dikumpulkan dari data itu sendiri.
Misal, kalau ada bunyi kec, maka pecah data berdasar bunyi kec itu, dan
sebagainya.

nah...
ada baiknya, lain kali kalau memberi isian kepada responden, buat field
yang terpisah. Responden langsung isi di tiap field tersebut.
lalu yang meng-entry (memindah dari kertas ke komputer), mengisi di kolom
yang sesuai.
Mulailah untuk meninggalkan kolom yang bernama Alamat1, alamat2, alamat3,
dsb... Lebih berarti kolomnya adalah Alamat, rt rw, dusun/gedung/kompl,
kel, kec, kab kota, prov, kodepos, telp-hp, dsb

Regards,
Kid

On Tue, Jan 29, 2019 at 7:33 PM ragustin...@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

> Dear Para Guru,
>

> Mohon bantuannya untuk cara memisahkan kabupaten dari dalam alamat dan
> juga bagaimana cara menghilangkan kecamatan, kelurahan atau Kabupaten yang
> sama dalam 1 cell,
>

> Contoh alamat yang ada kabupatennya:
>

> Jl. Srikaya Vii Perumnas Ii Rt03/Rw06 No. 1 Desa Lumpang Parung Panjang
> Kec. Parungpanjang Kab. Bogor Bogor Jabotabek
>

> Contoh alamat yang double kec, kel atau kabupatennya :
>

> Desa Bontongan, Rt01/01 Kamlimbua 1 Kec. Barakka Kec. Barakka Kab.
> Enrekang Enrekang Sulawesi Selatan

> [...]

Kirim email ke