Kemenangan Cinta

Satu hari istri saya memandangi wajah Hana yang sedang tertidur lelap,
sambil menggenggam tangan saya istri saya mengatakan, "tangis & tawa
hana adalah sebuah kemenangan mas.."

"Kemenangan apa?"

"Kemenangan Cinta kita…"

Kemenangan cinta berarti kemenangan sebuah keluarga yang menanamkan
cinta sebagai pondasi dari pendidikan sebuah keluarga. Sebuah keluarga
akan menjadi kering jika gagal menanamkan sejak dini apa yang
disebutkan dengan cinta. Cinta terhadap diri sendiri, cinta terhadap
keluarga, cinta terhadap sesama, cinta terhadap agama, cinta terhadap
lingkungan, cinta terhadap nusa dan bangsa serta yang paling utama
adalah cinta pada ilahi Robbi sebagai tujuan akhir  dalam hidupnya,
Oleh sebab itu keluarga yang berhasil menanamkan cinta pada
anak-anaknya dan semua anggota keluarga maka keluarga itu mampu
bertahan dalam kerasnya badai dan ombak samudera kehidupan.

Diantara pilar kebahagiaan keluarga adalah jika mereka tinggal di
dalam lingkungan sosial yang sehat. Ada tiga lingkaran yang saling
mempengaruhi, yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat. Keluarga yang
baik akan menjadi pilar lahirnya masyarakat yang baik, karena keluarga
adalah unit terkecil masyarakat. Dalam kenyataan, banyak keluarga,
rentan sekali terhadap pergaulan sosial sehingga bukannya keluarga
mewarnai masyarakat tetapi semua keburukan sosial justru masuk kedalam
rumah.

Sekolah yang baik mestinya akan membantu terwujudnya keluarga yang
baik dan masyarakat yang baik, tetapi sistem pendidikan sekolah masih
lebih dominan untuk transfer kognitif, lemah unsur tranfer afektif
sehingga sekolah yang baik baru produktif untuk anak didik yang baik
juga. Murid-murid dari keluarga yang gagal tidak banyak berubah meski
disekolahkan di sekolah unggulan. Dalam kondisi seperti itu diperlukan
 paradigma baru yaitu Keluargaku, Surgaku, sebuah paradigma
memenangkan problem kehidupan dengan cinta. Itulah yang disebut dengan
Kemenangan Cinta.

Salam Cinta,
Agussyafii

=======
Tulisan ini dibuat dalam rangka kampanye "Keluargaku, Surgaku"
silahkan kirimkan dukungan dan komentar anda di
http://agussyafii.blogspot.com atau sms 0888 176 48 72

Kirim email ke