Rinto Jiang menulis :

1405 Ekspedisi Zheng He pertama.

Entah ekspedisi Zheng He yang keberapa, Majapahit telah mengalami perang saudara. Setahu saya, sepeninggal Hayam Wuruk, Majapahit pelan2 terpuruk dan mengalami perang saudara. Seperti yang saya beritahukan sebelumnya bahwa armada Zheng He pernah diserang oleh pasukan Majapahit yang sedang dalam keadaan perang saudara. Kaisar Ming Chengzu kemudian meminta ganti rugi kepada Majapahit atas penyerangan tersebut yang kemudian didamaikan dengan ganti rugi sebesar 10000 tael emas dari Majapahit.

Jadi bolehlah dianggap kalau dendam antara Tiongkok dan Majapahit dibagi dalam 2 tahap, Dinasti Yuan vs Majapahit, serta Dinasti Ming vs Majapahit. Namun alasannya sama, desakan Tiongkok kepada Majapahit untuk membayar upeti yang ditolak oleh Majapahit.

Rinto Jiang :

Seperti yang pernah saya tulis sebelumnya tentang ekspedisi Zheng He dan kaitannya dengan Majapahit. Saya kemudian mendapat informasi lebih lanjut bahwa kejadian serangan terhadap armada Zheng He adalah pada ekspedisinya yang pertama. Jumlah korban 170 orang. Menurut catatan Zheng He, ia menganggap kejadian ini sebagai salah paham antara pasukan Majapahit dan pasukan Zheng He.

Kemudian, Zheng He juga pernah menepi di Kalimantan, namun cuma ada catatan mengenai Brunei yang pada saat itu dinamakan Bo Ni. Tidak terdapat catatan mengenai bagian Kalimantan wilayah Indonesia sekarang. Kunjungan ke Brunei ini tercatat pada ekspedisinya yang ke-4.

Demikian, semoga mencerahkan.

Rinto Jiang