--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, onggo sanusi <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Ya, terutama generasi muda Tionghoa yang baru pulang
> dari studi atau bekerja di negara-negara macam USA,
> Canada, Australia, dan Selandia Baru, dan dengan
> bangganya mengklaim diri mereka sebagai "born-again
> Christians"--dan siap "bertempur" untuk mengkristenkan
> siapa pun yang dijumpainya (termasuk papa-mama,
> engkong, emak, dll, yang non-Kristen). Generasi muda
> macam ini tidak lebih dari manifestasi plesetan budaya
> Kristen Amerika yang sudah tercabut dari warisan
> kultural leluhurnya. Hasilnya apa? Tidak ada, kecuali
> semangat militan kristenisasi asal tubruk di mana pun
> [...]

Memang ini suatu fenomena yang menyedihkan.

Saya mempunya kenalan baik di sini, seorang wanita Indonesia yang
masih cucu seorang Shinshe, dan sangat memburukkan apa yang bukan
katholik, juga budaya leluhur di kelenteng, vihara dsb.

Ini, tanpa memahami, apakah itu ajaran yang diamalkan para leluhur
(yang membesarkan dia, dan memanusiakan dia sampai jadi dewasa).

Seolah, diluar budaya import dari Barat ini, tak ada keelamatan, dan
satu satunya jalan adalah meniru dan menerima mentah mentah apa yang
diajarkan dari agama barat ini.

Padahal, kalau dibayangkan, bangsa kita jaya dalam budaya dan
kepercayaan leluhur kita, baik di Nusantara, Tiongkok maupun wilayah
Asia tenggara lainnya. Tidakkah tetap Borobudur dan Prambanan yang
mengingatkan kita akan kejayaan kita dahulu?

Agama modern ini hanya membawa perpecahan, dan kerentaan akan apa
yang datang dari barat.

Kita harus kembali menemukan kesadaran budaya kita kembali. Karena
jatidiri budaya adalah segalanya. Mungkin banyak orang Asia yang
kalau menyandang budaya dan agama barat, akan terlihat bule..

Salam keluhuran budaya

Danardono