Maafkan saya karena ikut nimbrung.  Menurut saya, puisi sebaiknya dinikmati dan dipahami dengan “bahasa hati”, alih-alih memakai kacamata pengetahuan intelektual kita.  Itulah sebabnya sangatlah sulit bagi kita untuk men’decode’ apa yang ingin disampaikan oleh sang pujangga bila kita mencoba mengunyah-ngunyah puisinya dengan ‘otak kiri’ kita.  CMIIW.

Andy

From: Skalaras [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Sunday, June 12, 2005 4:29 PM
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Subject: [budaya_tionghua] Re: Puisi Tionghua

Surat dibawah untuk menjawab surat sdr Hendri yang disampaikan melaui japri. karena isinya saya kira masih relevan dengan Forum milis, maka saya lontarkan di sini.

Rekan Hendri,

Agak susah untuk membuat sebuah panduan umum bagaimana mengapresiasi karya sastra maupun karya seni. Satu2nya cara yang paling manjur adalah terjun langsung,  langung menyimak obyek satu persatu, baik itu sebuah puisi atau sebuah lukisan, mencoba mengunyah sendiri, sembari bertanya sana sini. Bila kita masih bingung, bisa belajar memahami dengan membaca sebuah ulasan atau kritik tentang obyek tersebut.

Bila anda bingung memahami makna sebuah puisi, saya sangat senang anda melontarkan pertanyaan2 ke forum milis, sebisanya akan saya jawab. lewat jawaban2 tersebut, lewat kegiatan membaca terus menerus, lambat laun anda pasti akan menyelami apa dan bagaimana puisi Tiongkok Klasik.

Salam,

ZFy